Bea Cukai Gorontalo Dorong UMKM Hasilkan Produk Ekspor

Gorontalopost.id, GORONTALO – Kantor Bea Cukai Gorontalo terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Gorontalo untuk bisa menghasilkan produk dengan kualitas ekspor, sehingga pemasaran tidak saja di dalam negeri atau lokal Gorontalo, tapi bisa merambah pasar internasional.

“Kami mendorong itu, tentunya dengan kemudahan-kemudahan proses ekspor bagi pelaku UMKM, agar produk mereka bisa merambah pasar ekspor,”ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Gorontalo, Ade Zirwan, saat berkunjung ke Gorontalo Post, Selasa (14/5) kemarin.

Ia melihat potensi pasar ekspor untuk UMKM di Gorontalo terbuka lebar, misalnya sektor perikanan, pertanian, maupun produk olahan UMKM. Sebagai bentuk keseriusan, kata dia, kantor Bea dan Cukai Gorontal0 juga melakukan pendampingan dan pembinaan UMKM. “Ada UMKM-UMKM binaan, dan kami harap itu yang menjadi motivasi bagi pelaku UMKM lainya,”terang Ade.

Ia juga berharap Gorontalo Post, ikut mensupportnya dengan mempprofilkan para pelaku UMKM di Gorontalo yang sukses dengan produk ekspornya, agar mematik semangat UMKM lainya.

Terkait dengan kunjunganya ke Gorontalo Post, Ade Zirwan menyampaikan, selain bentuk silaturahmi, juga sebagai langkah kerjasama yang memang harus dibangun bersama media.

“Kunjungan ini akan menjadi titik awal bagi kami untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan media, demi kebaikan Gorontalo,”terangnya.

Menurut dia, bentuk kerjasama yang akan dilakukan yaitu untuk bagaimana media bisa menginformasikan tentang program dari Bea Cukai, sehingganya masyarakat bisa tahu bagaimana kinerja dari bea cukai itu sendiri. “Kami pertemuan ini memberikan hal positif dan kebaikan masyarakat Gorontalo,”katanya.

Kunjungan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Gorontalo diterima langsung Direktur Utama (Dirut) Gorontalo Post, Mohamad Sirham, dan Pemimpin redaksi Gorontalo Post, Jitro Paputungan.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu, Mohamad Sirham menyampaikan dukunganya tehadap kinerja Bea dan Cukai di Gorontalo, terutama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Kami sangat mendukung adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan bagi pelaku usaha di Gorontalo untuk bisa ekspor produknya ke luar negeri. Jelas itu berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Gorontalo,”katanya.

Sektor-sektor potensi ekspor di Gorontalo menurutnya sangat besar, baik hasil alam, kerajinan, hingga olahan pangan. “Memang butuh kolaborasi lintas sektor, terutama pemerintah daerah, bagaimana mewajudkan UMKM yang benar-benar menghasilkan produk kualitas ekspor. Bukan tidak ada, selama ini,produk dari Gorontalo hanya tercatat ekspor dari daerah lain, karena awalnya dikirim antar daerah saja,”ujarnya.

Ia berharap agar Bea dan Cukai di Gorontalo dapat memberikan informasi-informasi terkait program dukungan untuk UMKM, sehingga kolaborasi mendorong UMKM maju bisa terus terwujud. (mg-11)

Comment