Pemkot Gelar Prosesi Adat Mopotilolo Penjagub Rudy

Gorontalopost.id, GORONTALO – Penjagub Gorontalo Mohammad Rudy Salahudin mengikuti prosesi adar Mopotilolo yang diselenggarakan Pemerintah Kota Gorontalo, Ahad (19/5/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid dan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo ini, dilangsungkan di rumah jabatan wali kota.

Marten Taha ketika didaulat untuk memberikan sambutan mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat Gubernur tersebut.

Menurutnya, sebagai bagian dari wilayah Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo memegang peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan urusan kemasyarakatan.

Dimana, lanjut Marten, Kota Gorontalo adalah ibu kota dari Provinsi Gorontalo, yang jumlah penduduknya kurang lebih 210.000 jiwa dengan luas wilayah yang tidak sampai 1 persen dari luas Provinsi Gorontalo yaitu 79 kilometer persegi.

Sedangkan luas Provinsi Gorontalo kurang lebih 12.500 kilometer persegi.

“Hanya 0,65 persen dari luas wilayah Provinsi Gorontalo,” ucap Marten Taha.

Meskipun luas wilayah hanya begitu, ucap Marten, namun daerah tersebut memegang peran yang sangat penting sebagai pusat aktivitas masyarakat, pusat ibu kota, pusat perekonomian, layanan pendidikan, layanan kesehatan, dan seluruh aktivitas masyarakat berada di wilayah Kota Gorontalo.

Oleh karena itu, keberadaan prosesi adat juga sangat penting untuk segera dilaksanakan agar penjabat Gubernur segera dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai kepala daerah di Provinsi Gorontalo.(rwf)

Comment