PNM Cabang Manado Gelar Klasterisasi Gula-gula Soba

Gorontalopost.id, GORONTALO –┬áPT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Manado, Unit Mekaar Bongomeme melalui Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan klasterisasi usaha Gula-gula Soba di Kantor Desa Pangadaa, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Kamis (13/6).

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan Nasabah PNM Mekaar tersebut, turut dihadiri oleh Sekretaris Kumperindag Provinsi Gorontalo, Farhun Basrewan, Sekretaris Desa Pangadaa, Samsudin Mohammad, Pemimpin Cabang Manado, Eka Pradana Wijaya, MRM Manado 2, Hifdy Fauzal Patyapali, KA Gorontalo 2, Yeti Irwanti, PIC Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), KUM Bongomeme serta Team Unit Bongomeme.

Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud komitmen pendampingan PNM Cabang Manado dalam membangun hubungan emosional dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memberikan bekal kepada para nasabah PNM Mekaar tersebut dalam memajukan dan memperluas pemasaran usaha peserta, agar produk yang mereka hasilkan dapat menembus pasar lokal, nasional, hingga internasional.

Pemberian penghargaan kepada salah satu Nasabah PNM Mekaar
Pemberian penghargaan kepada salah satu Nasabah PNM Mekaar

“Klasterisasi Gula-gula soba ini untuk mendorong semakin besarnya peran ultra mikro (UMI) dalam peningkatan perekonomian nasional,” jelas Pemimpin Cabang Manado Eka Pradana Wijaya

Selanjutnya, pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM, yaitu finansial, intelektual dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pelatihan, berbagi info dan pengalaman.

Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

“PNM sebagai bagian dari holding ultra mikro yang dibentuk pemerintah khusus untuk memberdayakan UMKM, dalam membantu UMKM tidak hanya melalui penyediaan modal finansial saja, tetapi juga melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM,”pungkas Eka Pradana Wijaya. (Tr-76/ADV)

Comment