Amran-Irwan Lolos Vermin, KPU : Dukungan Melebihi yang Dipersyatkan

Gorontalopost.id, BONBOL – Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango, Amran Mustapa – Irwan Mamesah, lolos tahap verifikasi administrasi (Vermin) syarat dukungan calon perseorangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango.

Hal itu ditetapkan KPU, setelah melakukan verifikasi syarat dukungan perbaikan yang dimasukkan pasangan Amran-Irwan.

Penetapan lolos vermin syarat dukungan calan perseorangan ini, disampaikan langsung ketua KPU Bone Bolango, Sutenty Lamuhu, pada pleno rekapitulasi vermin perbaikan kesatu dokumen syarat dukungan Bapaslon perseorangan, pemilihan Bupati dan wakil Bupati, Selasa(18/6).

Sutenty mengatakan, syarat dukungan yang disampaikan pasangan calon Amran – Irwan, melebihi syarat yang telah ditetapkan KPU.

“Jumlah dukungan hasil verifikasi administrasi perbaikan ke satu bakal calon sebagaimana dimaksud di-atas (Amran-Irwan,red), sejumlah 14.286 dukungan, jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah dukungan minimal sebanyak 12.278 orang yang telah ditetapkan,”ujar Sutenty.

Selain memenuhi syarat dukungan, jumlah dukungan pasangan Amran-Irwan juga tersebar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

Jumlah sebaran kecamatan itu, menurut KPU juga memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan, yakni minimal hanya ada di 10 kecamatan se Bone Bolango.

“Dengan demikian status verifikasi administrasi perbaikan kesatu, bakal pasangan calon sebagaimana dimaksud (Amran-Irwan) dinyatakan memenuhi syarat,”terang Sutenty.

Dengan begitu, lanjut ketua KPU Sutenty, bakal pasangan calon Amran-Irwan berhak mengikuti pelaksanaan tahapan verifikasi faktual (Verfak) kesatu yang segera dilakukan KPU.

Dalam pleno tersebut, KPU juga mengumumkan bakal pasangan calon, Ismet Mile – Risman, juga dinyatakan lolos verifikasi administrasi perbaikan kesatu, dengan jumlah syarat sebanyak 14.253 dukungan dan tersebar di 17 kecamatan.

Sama seperti Amran-Irwan, bakal pasangan calon Ismet – Rismen juga masuk pada tahapan verifikasi faktual. (tro/csr)

Comment