Euforia Piala Eropa, Bendera Peserta Euro 2024 Ramai di Pepohonan

Gorontalopost.id, GORONTALO –┬áMomentum Piala Eropa 2024 serasa piala Dunia. Masyarakat pecinta sepak bola di Indonesia berlomba-lomba menunjukkan dukungannya terhadap tim-tim Eropa. Beragam bendera peserta Euro 2024 ramai dipasang di pepohonan bahkan di tepi jalan.

Pantauan Gorontalo Post, Selasa (18/6), di ruas Jl. Kenangan Kelurahan Dulalowo Timur, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo.

Sejumlah permukiman penduduk terpasang negara peserta Euro. Ada yang memasang bendera Jerman, Portugal bahkan bendera Italia sebagai sang juara bertahan di Euro edisi sebelumnya.

Ada pula menjagokan timnas Belanda serta Timnas negara ternama lainnya. Ada yang menarik dan unik dalam pemasangan bendera Negara Eropa ini yakni dipasang di pohon yang berukuran besar.

Bahkan, bukan hanya satu atau dua bendera saja yang terpasang melainkan ada puluhan bendera lainnya. Bendera tersebut nampak jelas jika kita dari arah Barat menuju arah timur saat memasuki Jalan kenangan akses ke Perumahan Kaputi Indah Gorontalo.

Beberapa warga ada yang hanya memasang di depan rumah mereka namun dengan ukuran bendera yang jumbo. “

Setiap Euro atau Piala Dunia kami di kampung sini pasang bendera peserta Euro atau FIFA World Cup,. Yang jelas momen ini tidak kami lewatkan begitu saja,”kata Ahmad Husain warga setempat saat berbincang dengan Gorontalo Post.

Menurut Ahmad, jika momentum ini menjadi hal yang paling ditunggu oleh mereka. Selain untuk hiburan, piala Eropa kerap menjadi ajang silaturahmi antarpemuda yang selama ini jarang berkumpul.

“Kalau anak muda di Kota Gorontalo itu jarang berkumpul. Nah, dengan momen ini mereka pasti akan kumpul lagi dengan mengadakan nobar,” kata Ahmad.

Terkait dengan bendera yang dipasang, bahwa itu hanyalah simbol dukungan kepada negara yang dijagokan. Bukan untuk memihak ke negara tersebut.

“Asiknya kalau pasang bendera kan kita bisa tau masing-masing rumah menjagokan negara apa. Jadi ketika ada negara yang kalah dan pulang kampung, maka warga yang memasang bendera itu wajib menurunkannya saat itu juga,” tuturnya sambil tertawa.

Jika ditanya mengenai rasa nasionalisme terhadap bangsa Ahmad mengaku cukup hal itu sangat prioritas. “Yang jelas rasa nasionalisme kita lebih besar dibanding euforia terhadap negara lain. Yang jelas NKRI harga mati tidak bisa ditawar tawar lagi,”tutup Ahmad. (roy)

Comment