Individualistik Masyarakat jadi Tantangan KPU

Gorontalopost.id, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo segera melakukan pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada serentak 2024.

Sebagai langkah awal KPU menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi PPK dan PPS se Kota Gorontalo, berlangsung di Hotel Aston Kota Gorobtalo, Selasa (18/6). Bimtek ini juga terkait dengan penggunaan aplikasi Sidalih serta e-Coklit.

Ketua KPU Kota Gorontalo, Mario Nurkamiden, menyebutkan tantangan dan strategi yang perlu dihadapi dalam pemutakhiran data pemilih. Seperti sifat kekerabatan di Kota Gorontalo, yang sangat berbeda dibandingkan dengan daerah lainnya.

“Sifat individualistik orang kota sangat berbeda dengan orang-orang di desa. Terutama di Kota Tengah dan Kota Selatan yang komunitasnya berbasis perumahan. Ini adalah tantangan kita ke depan,” jelas Mario.

Mario Nurkamiden menegaskan pentingnya pemutakhiran data pemilih yang akurat untuk memastikan kelancaran dan keadilan dalam Pilkada 2024. Maklum, kedepan tahapan akan saling beririsan dengan pelaksanaan verifikasi faktual.

“Banyak tantangan yang akan kita hadapi, terutama dari beberapa kabupaten/kota yang memiliki pasangan calon perseorangan. Proses pelaksanaan Coklit ini akan beririsan dengan pelaksanaan verifikasi faktual, sehingga perlu jadi perhatian kita semua,” kata Mario Nurkamiden.

Olehnya itu, Mario Nurkamiden berharap agar semua pihak dapat bekerjasama dengan baik, khususnya PPK, PPS dan Pantarlih. Artinya, berkomitmen penuh dalam proses pemutakhiran data pemilih ini demi kelancaran dan keadilan Pilkada di Kota Gorontalo. (tro)

Comment