Cekdam Tak Berfungsi, Banjir Intai Tenilo

Gorontalopost.id, GORONTALO – Tanggul penghambat banjir atau cek dam di Kelurahan Tenilo Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo saat ini sudah tidak berfungsi lagi.

Hal ini menjadi pemicu banjir yang kerap terjadi di wilayah Tenilo setiap hujan deras turun di wilayah itu. Bahkan, kemarin (26/6/2024), Tenilo dihantam banjir sehingga menyebabkan beberapa rumah terendam.

Pantauan Gorontalo Post, terdapat meterial sedimen dan ranting-ranting kayu yang terbawa banjir menumpuk di depan rumah warga. Bahkan, ada yang masuk hingga teras rumah.

Lurah Tenilo Kamarudin Daud kepada awak media ini mengatakan, banjir di Tenilo kali ini justru lebih parah dibanding dengan banjir yang terjadi sebelumnya.

Hal ini diakui Kamarudin akibat tidak berfungsinnya cekdam yang berada kurang lebih 110 meter dari kaki bukit.

“Kalau memang cekdam itu belum diperbaiki kembali oleh pihak Balai Sungai, kami minta agar dibikin tempat parkir air dulu, agar ketika ada banjir tidak langsung masuk ke rumah warga,”kata Kamarudin.

Diungkapkan Kamarudin, BWS beberapa waktu lalu sudah menjau cekdam tersebut, namun hingga kini belum ada realiasi untuk dilakukan perbaikan kembali.

Kamarudin juga berharap kepada pihak BWS untuk menormalisasi kembali sungai dari hulu ke hilir agar tata air bisa berjalan dengan baik.

“Ya, mungkin ada dua rumah yang akan dibebasakan untuk pekerjaan normaliasi. Pemilik rumah harus direkolasi dan harus ada ganti untung bukan ganti rugi, agar kedepan tidak ada lagi banjir begini,”tandas Kamarudin. (roy)

Comment