Rumah Hingga Fasilitas Umum di Taluditi Terendam Lumpur

Gorontalopost.id,POHUWATO – Puluhan rumah masyarakat yang ada di Desa Panca Karsa I, Kecamatan Taluditi, saat ini terendam lumpur.

Tak hanya itu saja, sekolah, Puskesmas hingga tempat ibadah, turut terendam. Hal tersebut dikarenakan baru-baru telah terjadi bencana banjir.

Pantauan Gorontalo Post, Rabu (26/6) sekitar pukul 09.00 Wita, masyarakat yang dibantu oleh personel Polsek Taluditi, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek, Ipda Syafrudin Adam,S.H, berjibaku melakukan pembersihan rumah, sekolah dan fasilitas lainnya, yang terendam lumpur.

Dikatakan Kapolsek Taluditi, Ipda Syafrudin Adam,S.H, pelaksanaan pembersihan ini telah dilakukan sejak Selasa (25/6), di mana personel Polsek Taluditi beserta masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, hingga personel TNI, melakukan pembersihan di SDN 1 Taluditi, Puskesmas Panca Karsa I, Gereja GPIG Agape, Desa Panca Karsa I dan puluhan rumah masyarakat.

“Sebenarnya pembersihan akan segera selesai. Hanya saja, kami terkendala air bersih untuk membersihkan lumpur-lumpur. Oleh karena itu, kami lanjutkan pembersihan lagi, sehingga semuanya benar-benar bersih dan masyarakat dapat beraktifitas sebagaimana biasa,” ungkapnya.

Lanjut kata mantan Kanit Tipidkor Satuan Reskrim Polresta Gorontalo Kota ini, Desa Panca Karsa I ini terdampak banjir pada Senin (24/6) sekitar pukul 22.00 Wita.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah rumah warga yang terkena dampak banjir ada kurang lebih 372 KK, yang terbagi pada tujuh dusun.

“Alhamdulillah tidak ada kerusakan parah maupun korban jiwa. Air saat ini sudah surut dan pembersihan pun telah kami lakukan secara gotong royong, sehingga cepat selesai,” terangnya.

Sementara itu, pemerintah desa dan juga masyarakat turut mengucapkan terima kasih atas bantuan serta dukungan dari pihak Kepolisian, dalam hal ini Polres Pohuwato dan Polsek Taluditi, yang telah hadir sejak awal, baik itu saat bencana, maupun sampai pembersihan saat ini.

“Alhamdulillah tugas dan pekerjaan kami menjadi ringan atas bantuan yang telah diberikan, baik itu bantuan fisik hingga hal lainnya. Kami pada dasarnya sangat berterima kasih,” kata sejumlah masyarakat saat di wawancara Gorontalo Post. (kif)

Comment