Suplai Melimpah, Harga Rica Turun

Per Kg Mulai Rp60 Ribu

Gorontalopost.id, GORONTAlO – Harga rica di pasar tradisional sejak awal Desember terus naik. Namun menjelang natal harga rica di Gorontalo malam mulai menurun.

Pantauan Gorontalo Post di pasar tradisional dan sejumlah lapak pedagang di Kota Gorontalo, Kamis (27/6), harga rica dibanderol mulai Rp60 ribu per kg.

Sementara rica yang sudah bersih (tanpa tangkai) dibanderol Rp75 ribu per kg. Para pedagang mengaku harga turun disebakan stok rica pekan ini cukup melimpah.

“Kalau dibandingkan baru baru ini harga rica malah ada yang sampai Rp110 ribu per kg,” kata Halid Abidin, pedagang di Pasar Kamis.

Namun ia tak menjamin harga bisa terus turun hingga Juli mendatang.  “Harga tidak bisa diperediksi bisa terus turun atau malah naik, karena stok tidak bisa dipastikan yang masuk,” ujarnya.

Amran, pedagang rica lainnya mengatakan harga rica naik beberapa waktu lalu disebabkan pasokan kurang sementara permintaan tinggi.

“Biasanya harga rica bisa turun disebabkan hasil panen melimpah. Namun saat ini, menurutnya salah satu penyebab stok kurang di Gorontalo yakni banyak petani atau pemasok yang mengirim rica ke Sulawesi Utara,” katanya.(dan)

Comment