Panen Cengkeh, Upah Pemetik Rp5 Ribu per Liter

Gorontalopost.id, GORONTALO – Sebagian besar pemilik lahan cengkeh kini melakukan panen. Tak sedikit meraka yang membutuhkan tenaga tambahan untuk memetik cengkeh.

Informasi dirangkum Gorontalo Post, saat ini, di Gorontalo dan Sulawesi Utara, upah pemetik cengkeh dikisaran Rp5 ribu per liter. Upah ini terbilang stabil atau tak mengalami perubahan setiap kali musim panen tiba.

Rano, salah seorang warga yang biasa memetik cengkeh mengatakan upah petik cengkeh biasanya bisa naik apabila harga pengambilan cengkeh di penampung juga naik. “Tetapi biasanya kalau musim panen harga tidak terlalu tinggi, makanya upah petik itu rara rata Rp5 ribu per liter,” tuturnya.

Untuk mereka yang membutuhkan pekerjaan, lanjut Rano akan tertarik untuk menjadi pemetik cengkeh. Sebab penghasilan bisa menutupi kebutuhan biaya selama beberapa bulan. “Itu kalau dapat 20 liter sehari berarti bisa Rp100 ribu pendapatan sehari,” ujarnya.

Roy Lasena salah seorang warga mengatakan upah petik cengkeh itu berlaku di wilayah Bone Pesisir, khususnya Taludaa dan Bolsel. “Itu upah Rp5 ribu mereka yang kasih ongkos makan, kalau Rp6 ribu ongkos makan sendiri,” katanya.(dan)

Comment