Wawasan Waktu untuk Bangsa

Oleh:
Basri Amin

 

BANGSA hebat itu selalu serius memaknai masa lalunya, bekerja sungguh-sungguh untuk masa kininya dan menempa generasi untuk masa depannya ini. Secara ilmiah, masa lalu negeri ini kali pertama dibahas dalam sebuah Seminar Sedjarah Indonesia adalah pada 14-18 Desember 1957. Ditetapkanlah 14 Desember sebagai Hari Sejarah Indonesia.

Saya merasa, belakangan ini keadaan kita terlalu banyak membahas ‘politik’, tapi dengan arah yang tidak begitu jelas. Kerumunan politik banyak di mana-mana, tetapi gagasan politik masa depan tak jua muncul di permukaan.

Topik kebudayaan dan persoalan-persoalan bagaimana membangun kegairahan untuk mewujudkan basis kemasyarakatan dan sikap-sikap berpengetahuan makin keteteran, sementara ritual-ritual yang mempertontonkan kuasa dan kewenangan mengolah “uang negara” dalam proyek-proyek fisik-kasat mata makin dominan. Apa yang kita baca setiap hari adalah sebuah “etalase kuasa” yang dalam beberapa hal adalah kepalsuan yang dipabrikasi.

Telaah kesejarahan hanya diperlukan ketika hendak “memperingati” sesuatu. Di sisi lain, sejarah makin identik dengan sebuah “cerita besar” oleh orang-orang besar. Sayangnya, kalau kita menengok ke tingkat lokal, barangkali termasuk di Gorontalo, cukup terasa bahwa sejarah kita terasa amat sedikit.

Bukti-bukti sejarah kita bahkan makin ‘sekarat’ (dokumen, artefak fisik, biografi, arsip-arsip, dst). Kita cukup sunyi karya-karya tulis sejarah yang bermutu, dan kalau pun ada beberapa, sangat terasa bagaimana sambutan publik dan kalangan atas, termasuk pemerintah daerah dan kalangan terdidik, relatif terbatas.

Gorontalo hendaknya memberdayakan sejarahnya. Karena tradisi intelektual dan biografi daerah ini tak bisa dipandang sebelah mata. Apa buktinya? Adalah Po-noewa! Po-Noewa adalah majalah yang terbit bulan November 1932 sebanyak 8 (delapan) edisi di Gorontalo. Ini adalah bukti sejarah paling awal dan nyata mengenai “karya intelektual” dan pencapaian literasi Gorontalo yang pernah dihasilkan oleh tangan-tangan terbaik Gorontalo. Atas dasar itulah, Po-Noewa bisa dijadikan sebagai tonggak perubahan penting dalam kesadaran dan gerakan pencerdasan bangsa di Gorontalo menuju masa depan. Dari sinilah inspirasi untuk mengukuhkan tradisi intelektual dan kesadaran peradaban Gorontalo dikukuhkan (kembali) dan dijadikan sumber inspirasi dan momentum untuk melangkah lebih jauh di berbagai arena kehidupan di tingkat nasional dan global.

Gorontalo bahkan bisa membesarkan sejarahnya melalui sebuah “kalender penyadaran” identitas dan literasi yang bisa kita susun selama setahun penuh, terutama dengan menggunakan kebesaran tokoh-tokoh kita yang reputasi nasionalnya terakui. Sebagai usulan, untuk bulan April, kita jadikan bulan ini untuk tema kebangsaan/nasionalisme karena April adalah bulan kelahiran Nani Wartabone (30 April 1907).

Kita kemudian lanjut pada Mei untuk kita gunakan sebagai bulan pembahasan pendidikan adat dan tradisi dengan merujuk bulan kelahiran Prof. S.R. Nur. Selanjutnya, Juni, kita jadikan bulan sains dan teknologi dengan merujuk bulan kelahiran John Ario Katili dan B.J. Habibie (Juni). Tidak terputus di situ, Juli kita lanjutkan menjadi bulan untuk sastra dan kebudayaan karena Juli adalah bulan kelahiran H.B. Jassin; kemudian disambut dengan itu, Agustus akan secara khusus menjadi ‘bulan bahasa Gorontalo’ untuk mengenang Prof. Mansoer Pateda (lahir Agustus).

Bulan depannya, September, adalah bulan kelahiran Tajeb Gobel. Kita jadikan September ini sebagai bulan untuk pembahasan ekonomi dan menggerakkan etos kewirausahaan Gorontalo. Untuk Oktober, kita punya tokoh Hakim Agung yang lahir di bulan ini, Brigjen Piola Isa. Kita jadikan Oktober untuk tema hukum, keadilan dan sekuriti.

Berikutnya, ketika kita masuki November, ini adalah bulan kelahiran Prof. Aloe Saboe. November menjadi bulan untuk tema pembangunan kesehatan masyarakat. Tidak lama setelah itu, Januri, kita sudah harus menjadikan “23 Januari” sebagai momentum refleksi kebangsaan, kegorontaloan dan pengukuhan tentang pluralisme, sekaligus untuk mengenang kebesaran tokoh kita Nani Wartabone.

Merujuk kepada bulan kelahiran para Tokoh (Gorontalo) tersebut dimaksudkan untuk lebih mendekatkan elemen biografi, sejarah dan dimensi pendidikan/pewarisan “etos belajar” dan “keteladanan” yang bersifat lintas generasi di Gorontalo. Dengan demikian maka “identitas” ke-Gorontalo-an tidak terpisah dari dinamika sejarah yang ada, tapi sekaligus memberikan “rasa bangga” kepada generasi sekarang bahwa semangat berprestasi itu sudah lama “tertanam” di Gorontalo –sebagaimana terlihat dari kiprah hidup dan karya-karya tokoh-tokoh kita–. Keteladanan mereka merupakan bagian dari kontribusi peradaban dan kebanggaan nasional. Bagaimana? ***

 

Penulis adalah
Bekerja di Universitas Negeri Gorontalo
Anggota Indonesia Social Justice Network (ISJN)
E-mail: basriamin@gmail.com

Comment