BI Gorontalo Pemerkan Sejarah Uang

Uang Sejak Hindia Belanda, Ada Emas Sebagai Cadangan Devisa

Gorontalopost.id, GORONTALO – Masyarakat Gorontalo bisa mengetahui secara langsung sejarah uang yang berlaku di Indonesia, sejak era Balanda hingga saat ini dalam bentuk rupiah.

Bank Indonesia Provinsi Gorontalo menyajikanya dalam pameran Museum Bank Indonesia, yang berlangsung di galery UMKM Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Jln Nani Wartabone eks Jalan Panjaitan Kota Gorontalo, Senin (1/7). Rencananya pameran museum Bank Indonesia ini akan berlangsung, hingga Rabu (3/7).

Pameran Museum Bank Indonesia ini, sengaja diadakan sebagai bentuk edukasi tentang sejarah ekonomi kebangsaan, dan juga transaksi digital sebagai alat pembayaran masa kini.

Dalam pameran tersebut, pengunjung bisa melihat langsung 35 koleksi numismatika asli dan replika yang dimiliki oleh Musium Bank Indonesia.

Beberapa koleksi itu antara lain; koleksi uang dari masa pemerintahan Hindia Belanda, uang seri Dai Nippon Teikoku Seihu, uang seri Soekarno pencetakan uang oleh Bank Indonesia, termasuk juga replika emas seberat 13 Kg sebagai cadangan devisa.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dian Nugraha dalam sambutannya mengatakan, rangkaian kegiatan pameran Museum Bank Indonesia, merupakan hasil sinergi dari KPwBI Provinsi Gorontalo bersama dengan Musium Bank Indonesia. “Olehnya kami memberikan apresiasi yang luar biasa untuk keras dari seluruh panitia dan pihak yang terkait,” ucap Dian Nugraha.

Dalam kesempatan itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Setda Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiharto, mengapresiasi pelaksanaan Pameran Musium Bank Indonesia.

Menurut dia, hal ini merupakan suatu nilai tambah bagi masyarakat Gorontalo, terutama bagi generasi muda, pelajar, maupun mahasiswa, agar mengetahui sejarah uang di Indonesia.

“Kita harapkan para anak muda, pelajar maupun mahasiswa bisa memanfaatkan waktu yang hanya tiga hari ini. Disini kita bisa mengetahui sejarah uang negara kita mulai dari jaman penjajahan sampai dengan sekarang. Dan kami bangga, Gorontalo menjadi salah satu daerah yang bisa menghadirkan pameran seperti ini,”ujar Handoyo.

Mantan Kadis PUPR Provinsi Gorontalo ini mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mengunjugi pameran tersbut, sebagai bagian dari menambah pengetahuan tentang sejarah bank di Indonesia, dan juga literasi keuangan. (tro)

Comment