Jemaah Haji Gorontalo, Satu Jemaah Haji Dirawat di Makassar

Gorontalopost.id, GORONTALO – Pemulangan jamaah haji ke tanah air sedang berlangsung saat ini, termasuk jemaah haji asal Gorontalo. Pada Senin (1/7) dini hari, jemaah haji Gorontalo yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 10 UPG, tiba di embarkasi haji antara (EHA) Gorontalo di bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Total ada 450 jemaah haji yang tiba di Makassar, mereka kemudian beristirahat beberapa saat di terminal bandara Sulatan Hasanuddin, dan selanjutnya di terbangkan ke Gorontalo dengan pesawat charter, Senin, dini hari. Diantara 450 jemaah, satu jemaah haji harus dirawat ke rumah sakit di Makassar, karena sakit.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo, M. Muflih B Fattah, dikutip dari laman resmi Kemenag Gorontalo, membenarkan satu jemaah haji Gorontalo saat ini sedang dalam perawatan di Makassar.

Kata dia, seharusnya jumlah jemaah yang tergabung dalam Kloter 10 berjumlah 450 orang, namun dikarenakan faktor kesehatan, maka jemaah yang tiba di Gorontalo hanya berjumlah 449 orang.

“Jemaah haji yang tergabung dalam kloter 10 ini seluruhnya berjumlah 450 orang, namun salah seorang jemaah haji atas nama Wahida Binti Yunus Sami masih melakukan kemoterapi di Rs. Makassar, maka jumlah jemaah haji diterima kedatangannya ini hanya berjumlah 449 orang saja,” jelas Muflih.

Adapun jemaah haji asal Gorontalo yang tergabung dalam kloter ini berasal dari jemaah haji asal Kota Gorontalo 395 jemaah, Kabupaten Boalemo 49 jemaah dan 5 orang petugas kloter.

Para jemaah diterbangkan ke Gorontalo dengan tiga kali penerbangan, yakni jemaah tiba di Bandara Udara Djalaludin Gorontalo pukul 05.25 Flight pertama, pukul 05.45 flight ke dua, dan pukul 06.05 flight tiga tambahnya.

Kakanwil Kemenag mengapresiasi kepada seluruh jajaran terkait dan segenap PPIH Provinsi dan Kab/Kota Gorontalo yang telah ikut mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024.

“Atas nama Kementerian Agama, kami sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten dan Kota, Kementerian dan Lembaga terkait, serta semua pihak turut mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji ini,” ungkapnya.

Prosesi penyambutan jemaah haji diakhiri dengan penyerahan kembali dari PPIH Provinsi Gorontalo kepada PPIH Kabupaten Boalemo dan Kota Gorontalo yang ditandai dengan penyerahan dokumen berita acara serah terima jemaah haji. (tro)

Comment