Tim Catur PON Gorontalo Tampil di Turnamen Catur Internasional

Gorontalopost.id, GORONTALO – Tim catur Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Gorontalo, terus mengasa kemampuan dalam rangka menghadapi PON XXI Aceh-Sumut.

Terbaru, tim catur dalam binaan Percasi Provinsi Gorontalo itu tampil pada turnamen internasional, yakni Bali Open Chess International, yang berlangsung di Badung, Bali, 29-30 Juni 2024.

Tim Catur Gorontalo saat berada di Bali. (foto : istimewa)
Tim Catur Gorontalo saat berada di Bali. (foto : istimewa)

Plt Ketua Pengprov Percasi Gorontalo, Fretz Pasue, didampingi Sekretaris Pengprov Misran Yusuf, kepada Gorontalo Post mengatakan, turnamen internasional Bali Open Chess International, menjadi ajang mengukur kekuatan tim catur PON Gorontalo.

Sebab kejuaraan itu, selaian diikuti peserta dari luar negeri seperti dari Polandia, Cheko, Slovakia, Singapura, dan Vietnam, juga diikuti peserta dari tanah air yang ternyata adalah tim PON dari beberbapa provinsi, yang jumlahnya mencapai 182 peserta.

“Makanya kami sengaja mengikuti iven ini karena untuk mengukur kekuatan, dan evaluasi tim PON Gorontalo,”ujar Fretz Pasue didampingi tim catur PON Gorontalo, Safrin Saifi. “Alhamdulillah hasilnya memuaskan, sesuai terget kita,”tambahnya.

Penyelenggara kata dia, menyematkan hingga rangking 50, dan tim Gorontalo masuk didalamnya. Menurut Fretz, turnamen yang diikuti dijadikan alat ukur, bagaimana karakter tim PON dari daerah lain, termasuk mengukur kekurangan tim PON Gorontalo, dan menjadikanya bahan evaluasi.

“Kita bisa mengetahui karakter dan kekuatan lawan, juga mengetahui dimana kekurangan kita, dan itu yang menjadi bahan evaluasi.”terangnya.

Atas nama Percasi Gorontalo, ia mengaresiasi peran Ketua KONI Provinsi Gorontalo, Fikram Salilama yang memberikan kesempatan kepada tim PON Gorontalo untuk terus berlatih, dengan mengikuti turnamen di luar daerah, termasuk yang berlangsung di Samarinda, baru-baru ini.

“Termasuk ke tim Satgas yang terus memberikan kesempatan kepada kami mengikuti beberapa turnamen sabagai tryout,”tandasnya. (tro)

Comment