Bule Perbaiki Jembatan Desa, Kades Kecewa

Gorontalopost.id, JAKARTA – Sedang viral di media sosial, aksi bule asal Denmark, Kristian Hansen, yang memperbaiki jembatan kayu penghubung antar rumah apung di Desa Samabahari, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Aksi bule yang juga Youtuber itu mendapat pujian netizen, sekaligus mempertanyakan peran Pemerintah Daerah setempat.

Namun bukanya bersyukur sudah jembatan desa sudah diperbaiki dengan biaya pribadi sang bule, Kepala Desa Samabahari, Gamis, justeru kecewa dengan bule Denmark itu.

“Apa yang dilakukan YouTuber ini sangat-sangat mengecewakan karena tanpa sepengetahuan kami dari pemerintah desa, dia melakukan sesuatu yang tidak kami ketahui,” ujar Gamis dalam video yang beredar di media sosial, Selasa, 2 Juli 2024. Gamis menyebut bahwa jembatan rusak yang diperbaiki oleh Kristian Hansen, tidak secara keseluruhan.

“Kemudian jembatan yang diperbaiki oleh seorang YouTuber terletak di Lesung Paganda yang digantinya kemarin bukan hanya keseluruhan tetapi hanya digantikan hanya sebuah papannya yang di atasnya yang diganti yang seharusnya jembatan itu masih layak dipakai satu sampai dua tahun yang akan datang,” terangnya.

Gamis juga menyebut jembatan rusak yang diperbaiki bukan akses utama yang banyak dilalui oleh masyarakat. Akan tetapi, kata sang Kepala Desa, jembatan itu merupakan penghubung home stay yang dihuni oleh bule Denmark selama liburan di Wakatobi.

“Hanya karena diperbaiki di Lesung Paganda, dia bukan jembatan umum atau jembatan yang dilalui oleh banyak masyarakat, itu hanya menghubungkan antara rumah home stay karena dia kemarin menginap di home stay,” bebernya lagi.

Sebelumnya viral bule asal Denmark, Kristian Hansen membuat warganet takjub dengan aksi mulianya. Netizen kompak memuji sang YouTuber karena rela memperbaiki jembatan yang diklaim tak layak itu.

Hansen, dalam videonya menerangkan ia dan warga setempat gotong royong mengumpulkan dana sebesar Rp 75 juta hanya dalam 24 jam saja.

Kemudian dana tersebut dia belanjakan untuk membeli bahan bangunan dan perkakas untuk memperbaiki jembatan rusak di Wakatobi itu.

Tak hanya itu, bule Denmark itu juga memperbaiki beberapa rumah warga yang tak layak huni dan sebuah masjid yang menjadi tempat ibadah warga setempat. (disway)

Comment