Mahasiswa UGM Gelar Pengabdian di Gorontalo

Gorontalopost.id, GORONTALO – Sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, saat ini berada di Gorontalo. Mereka akan melaksanakan kegiatan pengabdian untuk masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang akan dilaksanakan selama 49 hari mendatang. Kegiatan pengabdian mahasiswa UGM di Gorontalo itu dikolaborasikan bersama Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Kepala Pusat KKN UNG Dr. Rosbin Pakaya, M.Pd., dikutip dari laman UNG, mengatakan, kegiatan pengabdian mahasiswa meliputi dua program yakni KKN kolaborasi UNG-UGM serta KKN profesi kesehatan.

Nantinya seluruh mahasiswa tersebut akan melaksanakan pengabdian mendukung kesejahteraan masyarakat, dengan rincian KKN kolaborasi pada 7 desa serta KKN profesi kesehatan pada 21 desa yang tersebar di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Pelaksanaan KKN dimulai sejak tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan 19 Agustus 2024 mendatang. Untuk KKN kolaborasi melibatkan sebanyak 140 mahasiswa UNG dan 77 mahasiswa UGM, sedangkan progran KKN profesi kesehatan paling banyak melibatkan peserta dengan jumlah 385 mahasiswa,” jelas Rosbin.

Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., mengungkapkan pelaksanaan program KKN merupakan salah satu bentuk komitmen UNG, dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian. Untuk itu Eduart meminta kepada mahasiswa untuk memanfaatkan program KKN, untuk menyerap serta melihat kondisi yang ada di masyarakat saat ini.

“Dengan melihat kondisi tersebut mahasiswa tentunya harus mempunyai prognosa, bawah dalam beberapa tahun kedepan kondisi tersebut harus bagaimana melalui apa yang harus disiapkan sekarang dan juga nanti,” pesan Eduart. (tro)

Comment