Pencarian Maskun Mantu Dihentikan

Gorontalopost.id, GORONTALO –  Setelah sepekan lamannya pencarian korban jatuh di jalan putus penghubung jembatan Monano, Kecamatan Bone, Bone Bolango dilakukan oleh gabungan Tim SAR.

Namun, sejak hilang Sabtu (22/6/2024) dini hari, Maskun Mantu (38) pengendara motor warga Desa Ilomata, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango hingga Jumat (28/6) tidak ditemukan. Sehingga tim SAR gabungan akhirnya memutuskan menghentikan pencarian korban.

Kepala Kantor Basarnas Gorontalo, Heriyanto kepada wartawan mengatakan, bahwa berdasarkan UU 29 ayat (3) perihal ketentuan lebih lanjut mengenai penghentian. Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Dalam Pasal 40 (1) Penghentian Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 huruf b dilakukan apabila, seluruh korban telah ditemukan, ditolong, dan dievakuasi, setelah jangka waktu tujuh hari pelaksanaan operasi pencarian tidak ada tanda-tanda Korban akan ditemukan, setelah dinilai tidak efektif berdasarkan pertimbangan teknis dari hasil evaluasi, koordinator misi Pencarian dan Pertolongan.

“Ya, karena sudah tujuh hari dilakukan pencarian maka pencarian korban sudah kami hentikan,”kata Heriyanto.  Lebih lanjut Heriyanto juga menjelaskan, bahwa informasi mengenai pengenatian pencarian ini juga telah disampaikan ke pihak keluarga korban setelah pihaknya sebelumnya melakukan penyisiran di titik terakhir yakni di perairan laut Desa Lion, Kecamatan Bone. Selanjutnya penyisiran hingga ke area Pelabuhan Gorontalo.

“Dari pelabuhan Gorontalo kami kembali ke lokasi kejadian hilagnya korban yakni di jalan putus penghubung jembatan Desa Monano dan menggelar apel untuk penghentian operasi,”tandas Heriyanto sembari menambahkan jika nanti ada informasi mengenai tanda-tanda korban, pihaknya akan kembali turun untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Sebelumnnya pada Senin (24/6/2024) sore.

Diketahui, kerangka motor yang diduga milik Maskun Mantu ditemukan di sekitar muara pantai Monano sekitar pukul 14.00 WITA. Berdasarkan foto dan video yang diberikan oleh Basarnas Gorontalo, bagian sadel hingga batok lampu motor sudah tidak ada, hanya tertinggal kunci motor yang masih terpasang rapi di stop kontak.(roy)

Comment