Jadi Pembina Upacara di MPLS SD dan SMP, Pj Sekda Ingatkan Amanat Menteri Pendidikan

Gorontalopost.id, GORONTALO – Penjabat (Pj) Sekda Kota Gorontalo, Deddy Kadullah menjadi pembina upacara sekaligus membuka masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk satuan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Senin (8/7/2024) di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.

MPLS adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru diawal tahun pelajaran. MPLS sendiri adalah periode singkat diawal tahun pelajaran yang dirancang khusus untuk memperkenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah, proses pembelajaran, serta komunitas sekolah yang akan menjadi tempat mereka belajar dan berkembang selama beberapa tahun kedepan.

“MPLS juga bertujuan untuk mengenalkan sekolah lebih mendalam kepada peserta didik, baik itu mengenai fasilitas, kurikulum, ekstrakulikuler, maupun aturan-aturan yang berlaku di sekolah,” ucap Pj Sekda Deddy.

Dalam kesempatan itu, Deddy juga mengingatkan amanat dari Menteri Pendidikan yang tertuang dalam program merdeka belajar episode 24 tentang program transisi PAUD, SD yang menyenangkan.

Amanat tersebut, ucap Sekda Deddy, tentunya harus diimplementasikan oleh satuan pendidikan.

“Sesuai dengan amanat menteri pendidikan yang tertuang dalam program merdeka belajar episedo 24, maka satuan pendidikan SD wajib menerapkan 5 kegiatan di 3 hari pertama yakni, pengenalan potensi diri, membantu anak beradaptasi, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif, dan mengembangkan interaksi positif,” katanya.

Selanjutnya khusus MPLS untuk satuan pendidikan SMP kata Deddy, diharapkan untuk berkolaborasi dengan unsur lain yang dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik.

“Khusus MPLS satuan SMP, kiranya agar dapat membangun kolaborasi dengan unsur lain yang dapat menunjang pengembangan karakter peserta didik,” ucapnya

“Kolaborasi itu contohnya dengan BNN, Polres Kota Gorontalo, Dinas kesehatan, Dinas lingkungan hidup, Kejaksaan Negeri dan lain sebagainya,” tambahnya

Terakhir, Deddy Kadullah dalam hal ini mewakili Pj Wali Kota Gorontalo, memberikan pesan untuk pihak sekolah agar bisa menyukseskan kegiatan ini dengan baik, sehingga mampu melahirkan peserta didik yang berkarakter, bermutu, dan berkualitas.(rwf)

Comment