KPU RI Ingatkan Kualitas Coklit

Betty : Harus Valid, Jangan Ada Rekayasa

Gorontalopost.id, GORONTALO – Pelaksaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pilkada serentak di Gorontalo yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih), menuai apresiasi dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), hal itu karena progresnya yang hingga kini mencapai hampir 100 persen.

Apresiasi ini disampaikan langsung, komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos, saat menghadiri rapat evaluasi Coklit, berlangsung di Hotel Aston Gorontalo, Selasa (9/7).

Menurut Betty, 16 hari sejak pertama kali pelaksanaan Colit pada 24 Juni 2024, progres Coklit di Gorontalo mencapai 99,97 persen. Dan Gorontalo menjadi salah satu daerah tercepat.

Kata dia, dengan sisa waktu pelaksanaan Coklit yang kurang lebih 14 hari lagi, sangat yakin Gorontalo menjadi daerah tercepat di Indonesia yang selesai merampungkan Coklit.

Kendati begitu, Betty mengingatkan agar kualitas Coklit perlu diperhatikan. “Harus benar-benar valid, jangan ada rekayasa, harus terupdate datanya untuk masyarakat Gorontalo yang dicoklit,”katanya.

Data coklit, lanjut dia, nantinya akan menjadi dasar penetapan daftar pemilih sementara (DPS).  Setelah itu, nantinya ada mekanisme lanjutan dengan analisa data kegandaan, dengan data yang sudah valid yang akan di kroscek antar data se Indonesia.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada teman-teman Pantarlih yang sudah bekerja luar biasa, sehingga bisa terupdate dengan prestase tertinggi kedua se Indonesia yang melakukan coklit,”ujarnya. “Pertama Sulut di angkat 99,9 persen,”terang Betty. (tro)

Comment