Bahayakan Pengunjung, Benteng Otanaha Ditutup

Gorontalopost.id, GORONTALO –¬†Objek wisata Benteng Otanaha yang berada di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo mengalami longsor.

Dianggap membahayakan pengunjung, maka pihak pengelola wisata Otana menutup akses ke lokasi wisat Benteng Otanaha, Rabu (10/7/2024).

Informasi yang dihimpun Gorontalo Post, akibat hujan deras yang mengguyur Provinsi Gorontalo beberapa hari ini membuat tanah di teras bagian kiri Benteng Otanaha longsor.

Bagian yang longsor berada di dekat Benteng Otahana. Jaraknya sekitar 3 meter. Beruntung saat kejadian longsor tak ada wisatawan yang berada di lokasi.

Juru Pelihara Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII, Marten, mengatakan sebelumnya longsor terjadi pada Ahad (7/7), bamum baru diketahui Senin (8/7).

Untuk itu, akses sementara untuk wisatawan yang akan berkunjung di Benteng Otanaha ditutup, menghindari adanya korban jika nantinya ada longsor susulan.

“Jadi semalam sudah ada arahan dari kantor Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) untuk sementara kita palang kami sudah beri palang untuk sementara ditutup dulu,” jelas Marten.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa dari pihak pemerintah sudah melakukan peninjauan terhadap longsor tersebut. Sehingganya dirinya berharap ini bisa segera diperbaiki agar area longsor tidak bertambah.

“Tadi juga sudah ada dari Dinas Pariwisata, Dinas PU sudah datang meninjau m, dan kami berharap ini bisa segera diperbaiki,” harapnya (Tr-76)

Comment