Bukit di Kawasan TPI Kota Longsor

Akses ke Pohe dan Bongo Tertutup Material Tanah dan Kayu

Gorontalopost.id, GORONTALO – Sebuah bukit di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Gorontalo akese menuju tangga 2000 dan Pohe Kota Gorontalo terjadi longsor.

Sebelumnya, Selasa (97) titik yang longsor itu sudah mulai nampak ada tanda-tanda pergerakan tanah di bukit tersebut.

Pantauan Gorontalo Post, tampak material longsoran telah menutupi seluruh badan jalan. Hal ini praktis membuat kendaraan roda dua hingga roda empat tidak bisa melintas lagi.

Padahal, jalan tersebut merupakan akses satu-satunnya yang terdekat menuju lokasi wisata Tangga 2000, permukiman warga di Kelurahan Pohe dan akses menuju Desa Bongo Kabupaten Gorontalo.

Sebelumnnya gemuruh longsoran itu sempat diabadikan warga setempat dengan kamera telepon seluler miliknya. Nampak dalam rekaman vidio longsoran tersebut terjadi secara perlahan.

Terdengar jelas kayu yang patah dan tercabut dari akarnya akibat longsoran. Di titik yang mengalami pergerakan tanah sudah terlihat gundul tidak ada tumbuhan diatasnya.

Sejumlah warga setempat memperingati para pengendara kendaraan yang melintasi kawasan itu. Bahkan, akses menuju tangga 2000, Pohe maupun Bongo telah dipalang menggunakan kayu.

Hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai ada pengendara yang akan menjadi korban longsor akibat memaksa melintas di kawasan tersebut.

Longsoran tanah di bukit itu vidionya sempat viral di sosial media. “Kami berharap agar bukit ini tidak akan mengalami longsor susulan, sebab jalan ini satu-satunnya akses terdekat menuju kampung kami di Pohe serta kampung tetangga di Bongo lewat jalur darat,”kata Rahman Husain warga Kelurahan Pohe, Kecamatan Hulondalango Kota Gorontalo.(roy)

Comment