Pemicu Bencana di Tenilo-Talumolo Segera Diatasi

Penanganan Dilakukan di Hulu, Berupa Perbaikan Check Dam

Gorontalopost.id, Gorontalo – Pemerintah Kota Gorontalo akan segera mengatasi penyebab bencana alam berupa banjir bandang yang melanda Kelurahan Tenilo dan Talumolo.

Hal itu terungkap saat penjabat (Pj) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid bersama Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Deddy Kadullah, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Heru Z. Thalib dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mahmud Saad Kiay Baderan turun meninjau check dam yang ada di Kelurahan Tenilo dan Talumolo, Rabu (10/7/2024).

“Saya sudah memberikan instruksi kepada dinas terkait untuk perbaikan check dam yang ada di Talumolo (Lotu) dan di Tenilo untuk segera dilakukan,” kata Ismail Madjid ketika diwawancarai usai melakukan peninjauan.

“Alhamdulillah, semangat teman-teman PUPR kaban bencana dan masyarakat, semangat untuk menulusuri penyebab banjir, seperti check dam di lotu ini, karena untuk menanggulangi banjir tentunya harus ada perbaikan wilayah hulu untuk kurangi erosi,” tambah Ismail.

Check dam sendiri merupakan bendungan kecil yang dibangun melintasi saluran air atau sungai dan bertujuan untuk menurunkan kecepatan aliran air. Bila kecepatan limpasan air dapat dikurangi, maka erosi disuatu lokasi dapat dikendalikan, sehingga tak ada lagi bagian tanah yang terkikis.

Kembali ke Ismail. Dirinya sangat bersyukur saat peninjauan warga masyarakat Kelurahan Talumolo turut bersama-sama dirinya. Ini artinya, kata Ismail, masyarakat sangat berperan aktif dalam menangani bencana longsor yang melanda wilayah tersebut.

Selain meninjau check dam di Lotu, Ismail juga melakukan pengecekan check dam yang ada di Kelurahan Tenilo.

“Tadi juga kami sudah tinjau yang ada di Tenilo, penanganannya juga sama yaitu perbaikan check dam dan penguatan tebing,” ucap Ismail

Lebih lanjut Ismail meminta kerja sama masyarakat untuk menjaga lingkungan terutama tanaman bambu atau tanaman yang bisa menahan erosi.

“Selain itu, saya meminta masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan, menjaga tanaman seperti bambu atau tanaman lain yang dapat mencegah erosi,” tambahnya

Ismail juga mengungkapkan dirinya akan tetap berkoordinasi dan tetap berusaha untuk bersinergi dengan pemerintah pusat dalam hal ini yakni balai sungai, balai jalan terkait penanganan masalah yang ada di Kota Gorontalo.(rwf)

Comment