Pabrik Gula Gorontalo Dukung Program Gubernur Tekan Inflasi

Gorontalopost.id – PT. Pabrik Gula (PG) Gorontalo terus berkomitmen mendukung Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasaran.

Hal ini terbukti dengan adannya pelaksanaan pasar murah yang digelar PT PG Gorontalo bersama Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Provinsi Gorontalo di sejumlah wilayah Gorontalo.

Pantauan Gorontalo Post, kemarin (9/11/22) lokasi pelaksanaan pasar murah digelar di Taman Talaga, Kabupaten Gorontalo. Pasar murah yang dibuka langsung Penjabat Gubernur Gorontalo Dr Hamka Hendra Noer itu dihadiri langsung Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika, Kadis Pertanian dan Kadis Perindag Provinsi Gorontalo.

Juga turut andil dalam pasar murah itu sebanyak 21 perusahaan hingga atau distributor, salah satunya pihak PT PG Gorontalo. Dalam pasar murah kali ini PT PG Gorontalo menyediakan gula sebanyak Satu Ton atau seribu kilogram.

Sejak resmi dibuka Gubernur Hamka, masyarakat langsung berebutan membeli kebutuhan pokok mereka. Salah satunya yang paling diburu adalah gula pasir oleh PT. PG. Selain dijual tanpa harus menggunakan kupon bersubsidi, juga hargannya murah yakni hanya Rp 12.500.

Lebih tinggi dari harga di sejumlah kios atau toko barang harian yang saat ini mencapai Rp 15 Ribu hingga 16 Ribu Perkilogram. Gubernur Gorontalo Dr Hamka Hendra Noer dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan melaksanakan pasar murah di 18 Titik se Provinsi Gorontalo.

“Kemarin kami sudah melaksanakan pasar murah di lapangan taruna Remaja Kota Gorontalo. Dan saat ini yang kedua di Taman Talaga, Kita membagikan sebanyak 2,500 kupon. Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan konsumsi di rumah tangga,”kata Hendra Noer.

Orang nomor satu di Gorontalo ini mengungkapkan rasa syukurnnya karena Gorontalo tidak masuk daerah dengan tingkat inflasi yang tinggi. Diakui Hamka, untuk level nasional tingkat inflasi mencapai 5,7 dan di Gorontalo hanya 4,5. Sehingga selisihnya menurut Hamka jauh sekali.

“Saya merasa berterima kasih kepada para distributor, salah satunya PT Pabrik Gula Gorontalo yang telah mendukung sepenuhnya program pasar murah yang kami buat ini dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat serta upaya stabilisasi harga dan pengendalian inflasi daerah khususnya kebutuhan pokok selama akhir tahun 2022,”tandas Hamka sembari berharap pasar murah ini bermanfaat bagi masyarakat.

Diwawancarai terpisah Manager PR dan Legal, Hrd GA dan Sekurity PT PG Gorontalo Marthen Turu’alo mengatakan, pada prinsipnya pihak perusahaan PT PG Gorontalo mendukung penuh program pemerintah khususnnya Gubernur Gorontalo dalam hal menstabilkan harga pasar khusunya untuk produk gula yang saat ini melambung sehingga menyebabkan inflasi.

“Ya, karena diminta oleh bapak Gubernur melalui Disperindag Provinsi, maka perusahaan berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah. Kita ikut kemanapun sesuai jadwalnya pemerintah provinsi. Jadi dalam pasar murah kami jual dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni hanya Rp 12.500. Kalau harga HET Rp 13.500,”pungkas Marthen.

Sebelumnya PT PG Gorontalo telah melaksanakan pasar murah di tiga Titik yakni di Dinas Pertanian, Kompleks Blok Plan Perkantoran Provinsi Gorontalo, Lapangan Karya Isimu Kecamatan Tibawa, serta lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo.

Sementara itu salah seorang ibu rumah tangga Misna Kaluku juga berterima kasih kepada pihak PT PG Gorontalo yang sudah berpartisipasi dalam pasar murah.

“Alhamdulillah saya dapat gula murah saya beli di standa pabrik gula. Semoga kedepan hal ini bisa berkesinambungan,”tandas Misna. (ADV/roy).

Comment