Penerima Bantuan Motor Wajib Miliki Depula to Pango

GUBERNUR Gorontalo Rusli Habibie dalam beberapa tahun terakhir, rutin membagikan sepeda motor lengkap dengan kotak pendingin. Bantuan ini untuk memudahkan distribusi ikan segar ke masyarakat. Penerima bantuan adalah mereka penjual ikan keliling, yang selama ini hanya menggunakan sepeda. Oleh Gubernur, sepeda itu diganti sepeda motor.

ADA Tambahan syarat bagi penerima bantuan sepeda motor lengkap dengan kotak pendingin itu, yakni wajib mempunyai depula to pango atau dapur di pekarangan. Hal itu diinstruksikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau rumah kelompok penerima bantuan motor berkotak pendingin di Desa Tenggela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, Senin (26/10).
“Kegiatan ini kami beri nama Depula To Pango atau Dapur di Pekarangan. Jadi maksudnya adalah masyarakat diminta memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami berbagai jenis tanaman kebutuhan dapur. Kita wajibkan semua penerima bantuan memanfaatkan pekarangannya,” ucap Rusli di sela-sela kunjungannya.
Pekarangan yang ditinjau Gubernur dua periode itu ditanami beragam jenis tanaman kebutuhan dapur. Mulai dari rica, bawang, tomat, kunyit, jahe, terong dan lain sebagainya. “Depula To Pango ini bertujuan untuk mengurangi biaya masyarakat untuk kebutuhan dapur. Jadi untuk belanja kebutuhan dapur sudah tertekan dan sudah nol. Dia butuh rica ada, bawang ada, tomat dan sebagainya, apalagi rumah-rumah di Gorontalo ini cukup luas,” tambahnya.
Di tempat yang sama, salah satu penerima bantuan motor berkotak pendingin yang telah memanfaatkan pekarangannya, Ahmad Hamzah menilai, langkah yang diambil pemprov Gorontalo merupakan solusi ditengah pandemi Covid-19.
“Zaman serba susah seperti ini, apalagi ada Covid-19, semua serba sulit, mahal, jadi ini langkah yang tepat menurut saya. Tidak butuh pengeluaran yang besar, malah di kasih gratis bibit tanamannya. Kita hanya perlu merawat untuk memenuhi kebutuhan dapur kita sendiri,” tandasnya.
Untuk tahun 2020 penerima motor berkotak pendingin di Kabupaten Gorontalo berjumlah 18 orang. Ahmad Hamzah sendiri sudah menerima motor berkotak pendingin sejak 2018.

1500 KPM Terima Bantuan

Sementara itu, dalam kunjunganya di Kecamatan Telaga dan Kecamatan Telaga Jaya, Gubernur Gorontalo membawa sebanyak 1500 paket bantuan pangan bersubsidi, yang diserahkan untuk 1500 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah itu, Senin (26/10).
Bantuan dibagikan kepada 900 KPM di sembilan desa di Kecamatan Telaga. Sementara di Kecamatan Telaga Jaya terdapat lima desa dan 600 KPM yang menerima bantuan.
“Kenapa bersubsidi? Karena semua ini kita hargai 5000. Sehingga dengan harga kurang lebih Rp197 ribu dibayar oleh masyrakat hanya Rp60 ribu. Tapi karena Covid-19, saya gratiskan. Tapi, gratisnya terima kasih kepada Baznas, karena yang harusnya dibayar masyarakat Rp60 ribu ditanggulangi oleh Baznas sehingga gratis, tidak pakai bayar-bayar,” jelas Rusli.
Bantuan terdiri dari tujuh item yakni lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, 10 butir telur dan satu kilogram ikan. Ada juga rempah rempah seperti rica, bawang putih dan bawang merah masing-masing setengah kilogram. Selain menyerahkan bantuan pangan bersubsidi, Rusli juga membagi-bagikan masker dalam kunjungannya. Rusli juga berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. “Rajin cuci tangan dengan sabun, pakai masker, jaga jarak dan berdoa. Mudah-mudahan Covid-19 akan segera selesai agar masyarakat bisa beraktifitas sebagaimana biasanya,” pungkasnya. (tro/*)

Comment