Manfaatkan Beras Lokal

GORUT-GP – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan bahwa Gorut tidak perlu yang namanya impor beras sebagaimana pandangannya terkait dengan kebijakan impor beras yang merupakan langkah atau kebijakan dari pemerintah pusat.
Untuk Kabupaten Gorut hal tersebut tidak berlaku. Menurut Indra, soal kebijakan impor beras ini, tentu pihaknya akan melihat stok beras yang ada di daerah. “Tentu kebijakan impor kita hormati, tapi kalau beras kita surplus, kita manfaatkan saja beras yang ada,” ujar Indra Yasin.

Meski begitu, Indra punya solusi atas permasalahan tersebut. Kata Indra, kalau memang stok beras atau pun pangan lainnya melimpah, maka pemerintah daerah akan mengambil kebijakan bekerja sama dengan pihak Bulog.

“Tidak ada salahnya kita bekerja sama dengan Bulog untuk dapat memanfaatkan beras lokal yang kita punya. Karena kualitasnya tidak kalah dengan beras impor. Lagi pula beras kita sudah teruji, karena sudah dikonsumsi masyarakat Gorontalo,” pungkasnya.

Sebelumnya pihak DPRD Gorut, lewat Komisi II telah menyuarakan soal permasalahan di lapangan. Dimana, saat ini, dengan beredarnya beras dari luar (impor), membuat beras lokal kalah bersaing, terlebih, soal harga yang dianggap dihargai terlalu murah.(abk)

Comment