Asuransi Rawat Jalan Terbaik: Begini Cara Memilihnya

Gorontalopost.id – Memilih asuransi rawat jalan terbaik merupakan pilihan tepat untuk berjaga-jaga bagi diri sendiri maupun keluarga. Asuransi ini merupakan salah satu bagian dari asuransi kesehatan yang penting jika Anda terpaksa harus berurusan dengan dokter dan rumah sakit.

Memilih jenis asuransi ini memang terbilang gampang-gampang susah. Apalagi, kebijakan yang diterapkan umumnya akan berbeda dengan asuransi kesehatan biasa sehingga Anda perlu memilih jenis dan perusahaan yang tepat. Simak tipsnya berikut!

Kiat Memilih Asuransi Rawat Jalan

Seperti yang sudah diketahui, setiap perusahaan sudah pasti mempunyai aturan dan kebijakan yang beragam pada produk asuransi yang dimilikinya. Jika Anda akan memutuskan membeli asuransi jenis rawat jalan, perhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Mengutamakan sistem cashless

Sistem klaim cashless atau non-tunai dilakukan ketika Anda sebagai nasabah hanya perlu menunjukkan bukti anggota asuransi kesehatan. Adapun bukti yang dimaksud umumnya berupa kartu asuransi yang kemudian dapat di-tap atau gesek pada mesin khusus.

Nantinya, pihak rumah sakit hanya perlu melakukan validasi terhadap kartu keanggotaan tersebut. Dengan demikian, secara otomatis semua biaya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi kesehatan.

Opsi klaim asuransi ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan ketika mengalami sakit. Anda juga akan sangat terbantu ketika tidak memiliki uang cash saat akan dirawat. Cukup tunjukkan kartu asuransi dan seluruh biaya akan ditanggung.

2. Perusahaan dengan banyak rekanan

Tips selanjutnya sebelum Anda memutuskan untuk memilih suatu perusahaan asuransi kesehatan yakni memastikan kembali apakah perusahaan asuransi rawat jalan terbaik itu sudah menjalin kerja sama dengan banyak rumah sakit.

Tentunya, rumah sakit yang dimaksud sebaiknya rumah sakit yang tidak jauh dari lokasi tempat tinggal Anda dengan kualitas pelayanan dan peralatan yang baik. Dengan demikian, Anda tetap akan mendapatkan pelayanan terbaik meskipun situasinya darurat sekalipun.

Untuk mengetahui rekanan mana saja yang bekerja sama, Anda dapat mengeceknya secara langsung pada brosur yang umumnya dibagikan oleh pihak agen asuransi. Atau, Anda juga dapat melihatnya pada website asuransi maupun bertanya langsung pada agen tersebut.

3. Plafon asuransi yang tinggi

Plafon merupakan nominal yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi ketika Anda sebagai nasabah pemegang polis mendapatkan perawatan medis. Perlu diperhatikan jika setiap perusahaan mempunyai ketentuan yang berbeda-beda terkait plafon ini.

Untuk mendapatkan manfaat yang besar, sudah pasti disarankan Anda memilih produk asuransi dengan plafon yang tinggi. Terlebih, besaran plafon tidak jarang akan berpengaruh pada pelayanan kesehatan dari pihak rumah sakit.

Ada baiknya jika Anda melakukan survei kecil-kecilan dengan membandingkan antara produk asuransi satu dengan yang lain. Pertimbangkan kembali dengan premi yang harus Anda bayarkan karena umumnya sebanding dengan plafon yang akan diperoleh.

4. Biaya premi yang terjangkau

Saat memilih membeli polis asuransi rawat jalan terbaik, berarti Anda telah siap dengan kewajiban membayar premi setiap bulan. Adanya tanggung jawab ini tentu perlu Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial sehingga tidak mengganggu cash flow keuangan.

Seperti yang sudah diketahui, plafon yang besar umumnya juga akan sebanding dengan besarnya premi yang harus Anda bayarkan. Oleh karena itu, sangat penting mencari plafon yang tinggi namun biaya premi lebih terjangkau sesuai kondisi keuangan Anda.

Ada baiknya Anda mencari tahu perusahaan asuransi mana yang memberikan plafon paling besar namun dengan premi yang paling murah. Tentunya Anda perlu memperhatikan polis sebelum benar-benar menyetujuinya.

5. Memastikan hal-hal yang dapat diklaim

Setiap perusahaan asuransi sudah pasti mempunyai kebijakan masing-masing mengenai klaim dan aturan pengajuannya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui perawatan kesehatan apa saja yang dapat diklaim dan rumah sakit mana yang menerimanya.

Umumnya, asuransi jenis rawat jalan hanya manfaat tambahan yang diikutsertakan di dalam polis asuransi kesehatan. Dengan kata lain, rawat jalan bukan merupakan fokus yang paling utama pada asuransi tersebut.

Meskipun demikian, pastikan kembali komponen biaya rawat jalan menjadi manfaat yang utama. Dengan demikian, manfaat yang didapatkan akan menjadi lebih banyak termasuk pengecekan kesehatan berkala, perawatan yang dilakukan, dan sebagainya.

Demikian beberapa tips memilih asuransi jenis rawat jalan yang dapat Anda jalankan. Tentunya, memilih produk asuransi yang satu ini perlu dilakukan secara tepat supaya tidak hanya memiliki manfaat besar, namun juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan produk Garda Healthtech dari Garda Oto. Asuransi dari Astra ini dapat memberi proteksi kesehatan secara menyeluruh sekaligus kemudahan akses untuk berkonsultasi dengan dokter secara online.

Selain mudah digunakan, harga yang ditawarkan oleh asuransi rawat jalan terbaik ini juga sangat terjangkau, mulai dari 500 ribuan per tahun. Jadi tunggu apa lagi, segera miliki asuransi Garda Healthtech dan dapatkan berbagai benefitnya!

Comment