Atasi Kenaikan Harga Beras, Pemkot Segera Gelar Pasar Murah

Gorontalopost.id, GORONTALO – Guna mengatasi harga beras yang terus melambung tinggi, Pemerintah Kota Gorontalo akan menggelar pasar murah. Agenda tersebut, rencananya akan dilaksanakan menjelang bulan suci ramadhan.

Rencananya, pada pasar murah itu, ada satu komoditas yang menjadi prioritas dijual dengan harga lebih murah dibanding di pasaran. Yaitu, beras premium.

“Pemerintah kota akan melaksanakan pasar murah. Di pasar murah itu, nanti salah satu bahan pokok yang di jual di pasar murah nanti, yakni beras premium,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid mewakili Wali Kota Gorontalo, Marten Taha pada kunjungan pemantauan harga beras di sejumlah pasar dan distributor beras di Kota Goronntalo, Rabu (28/2/2024).

Sekda Ismail mengemukakan, pasar murah sengaja dilaksanakan menjelang Ramadhan. Sebab, diketahui bersama, kebutuhan masyarakat akan bahan pokok di momen tersebut, sangat tinggi.

Ia menuturkan, selain menjual beras premium di pasar murah, tambah Sekda Ismail, pihaknya juga akan mempercepat pendistribusian cadangan beras pemerintah kepada 18 ribu kepala keluarga yang ada di Kota Gorontalo.

Dijelaskannya, dua agenda yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo merupakan upaya membantu masyarakat yang saat ini tengah kesulitan memenuhi kebutuhan beras lantaran harganya terus meningkat.

“Masalah sekarang terkait harga, karena yang naik yaitu harga beras premium yang sekarang berkisar Rp 15.000 sampai Rp 16.000 perkilonya. Sedangkan beras medium di bulog berkisar Rp 9.950 dan ketika dipasaran itu bisa di jual hingga Rp 10.900 perkilonya,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan Sekda Ismail, stok beras di Kota Gorontalo tersedia. Hal itu berdasarkan hasil monitoring pemantauan dan evaluasi yang dilakukan pihaknya di gudang Buloq, termasuk di sejumlah pasar dan distributor.

“Dari sisi stock, Alhamdulillah ketika dipantau tadi, Bulog itu memiliki kurang lebih 3.300 Ton yang tadi sudah diturunkan dari Bitung, dan juga di PT Manggala Utama cukup tersedia beras dengan tipe premium,” ungkap Ismail.(rwf)

Comment