Program Donor Darah Butuh Keseriusan, Lebih Tinggi Permintaan, Stok Darah Minim

Gorontalopost.id, GORONTALO – Ketersediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kota Gorontalo saat ini aman, hanya saja permintaan lebih tinggi dibandingkan dengan stok yang ada.

Untuk itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Dekot Gorontalo, Erman Latjengke mendorong PMI Kota Gorontalo untuk bisa memaksimalkan program donor darah.

Ketua Komisi A Dekot itu mengatakan, bahwa berbagai keluhan dan laporan terus di terima Komisi A Dekot satu diantaranya mengenai pelayanan kesehatan khususnya donor darah.

“Sebab, kami dari Komisi A DPRD Kota Gorontalo sering menerima laporan, bahwa permintaan darah lebih tinggi daripada ketersediaan stok darah di PMI Kota Gorontalo,” ujar Erman Latjengke .

Legislator partai Demokrat itupun melanjutkan bahwa PMI Kota Gorontalo sebagai unit kerja Dinas Kesehatan Kota Gorontalo harus mampu berkolaborasi dengan semua lembaga, dalam melaksanakan program donor darah.

“Kami tidak menyoroti kinerja PMI Kota Gorontalo, tetapi hanya meneruskan apa yang menjadi keluhan masyarakat terutama keluarga pasien.

Persoalan keterbatasan stok darah di PMI juga menjadi tanggungjawab kami, dengan artian PMI dan Komisi A adalah mitra kerja,” tambah ErmanTerakhir dirinya berharap dengan donor darah yang dijalankan maksimal bisa untuk memenuhi kebutuhan darah.

Juga salah satunya dengan memaksimalkan kembali kegiatan donor, meminta donor darah pengganti untuk setiap permintaan darah, serta menghubungi para pendonor rutin yang sudah waktunya untuk berdonor. (Tr-76)

Comment