Jelang Ramadan, Beras Masih Mahal

Komisi II Segera Panggil Dinas Terkait

Gorontalopost.id, PUNCAK BOTU – Harga sejumlah bahan pokok masih cukup tinggi menjelang Ramadan. Utamanya beras yang harganya terus merangkak naik hingga mencapai Rp 15 ribu/kilogram.

Kenaikan ini disebabkan stok di pasaran masih terbatas sehingga tidak mampu mengimbangi permintaan masyarakat.

Kondisi ini didapati Komisi II Deprov Gorontalo, setelah melakukan peninjauan harga dan stok beras di sejumlah pasar tradisional dan gilingan padi.

“Kita melakukan pemantauan atau monitoring ke gilingan- gilingan padi dan kita dapati ada beberapa tidak memiliki stok di sebabkan karena belum panen dan nanti setelah lebaran,” ujar Anggota Komisi II, Fadli Hasan.

Menurutnya, ini menjadi salah satu PR (pekerjaan rumah) dari pemerintah kabupaten kota segera menyuplai keterbatasan beras saat ini.

“Supaya jangan sampai nanti ini menimbulkan gejolak yang begitu besar sehingga mengganggu aktifitas masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” imbuhnya.

Untuk itu politisi PAN ini menegaskan setelah melaksanakan monitoring, Komisinya akan mengagendakan dinas-dinas terkait untuk membahas soal ketersediaan beras.

“Setelah ini kita akan memanggil dinas terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian termasuk Bulog, agar bagaikan stabilitas harga pangan juga pangan lainnya karena biar bagaimanapun aktifitas warga meningkat ketika menghadapi bulan keagamaan, banyak acara atau kegiatan yang dilaksanakan,” jelas Fadli Hasan. (rmb)

Comment