Panen Cabai Hasil Program Germas

Gorontalopost.id, GORONTALO – Pelaksanaan program gerakan masyarakat mari tanami halaman dengan rica (Germas Matahari) guna menjaga inflasi yang disebabkan mahalnya harga cabai, mulai menunjukkan hasil.

Hal itu bisa dilihat dari pelaksanaan panen yang dilakukan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha bersama sejumlah pihak terkait. Panen dilangsungkan di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo, Kamis (28/3/2024) pekan kemarin.

“Alhamdulillah, hari ini bibit cabai yang kita bagikan dulu, sekarang sudah kita panen,” kata Marten pada kegiatan itu.

Marten menjelaskan, panen cabai di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo merupakan pengembangan dari program germas. Kata dia, program yang awalnya hanya dilaksanakan di pekarangan warga, kini dilakukan di halaman sekolah.

Ia juga mengemukakn, panen cabai yang dilaksanakan atas hasil dari pelaksanaan program germas matahari merupakan wujud keseriusan dalam pengendalian inflasi daerah dengan harapan akan diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Gorontalo.

“Kemandirian masyarakat untuk bisa menanam Cabai di halaman rumahnya masing-masing demi menekan lajunya inflasi daerah,” jelasnya.

Bagi Marten, harga cabai selalu menjadi perhatian khusus dirinya. Sebab, ucap Marten, cabai adalah komoditi yang relatif cepat memicu laju inflasi.

“Cabai ini adalah salah satu komoditi yang cepat sekali menimbulkan dan menaikkan inflasi. Begitu naik, kita susah untuk mengendalikan inflasi, sehingga kita menaruh perhatian serius terhadap komoditi satu ini,” jelas Marten.

Sebelum menuju SMPN 11 Kota Gorontalo, Marten bersama pihak terkait menanami 11 ribu bibit cabai di lahan seluas 1 hektare.

Marten menjelaskan bibit-bibit yang disebarkan di berbagai sekolah SMP sekota Gorontalo ini berasal dari beberapa pihak, diantaranya Bank Indonesia dan kelompok-kelompok terkait.

“Seluruh SMP kita bagi bibit cabai, juga dibantu oleh Bank Indonesia dan berbagai kelompok untuk bibit cabai yang akan dibagikan,” pungkasnya.(rwf)

Comment