RT-RW Berperan Tingkatkan PAD, Pemkot Diminta Lebih Inovatif

Gorontalopost.id, GORONTALO – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota (Dekot) Gorontalo, kembali menggelar rapat lanjutan pembahasan terhadap Laporan Keuangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2023 di Aula Kantor DPRD Kota Gorontalo, Senin (1/4/2023).

Pada rapat tersebut Pansus menyoroti perihal Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang dinilai belum maksimal, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) diminta lebih inovatif lagi dalam meningkatkan PAD. Tak hanya itu, Wakil Ketua Pansus, Herman Haluti, menyangkang peran RT-RW yang kurang.

“Saya lihat, ini RT-RW sangat minim perannya dilibatkan. Padahal mereka juga bisa jadi kunci dalam meningkatkan PAD,” jelas Herman dalam rapat LKPJ.

Lanjut, dalam rapat tersebut juga secara tegas Herman berulang kali menanyakan sejauh apa sebenarnya pelibatan RT-RW dalam setiap program yang selama ini telah dilaksanakan.

Karena, setiap tahun dirinya menerima laporan bahwa realisasinya tetap tak ada alias nihil. Herman tak lupa juga menanyakan terkait intensif yang menjadi hak RT-RW.

“Ini apakah juga sudah dibayarkan intensif mereka, karena kami kerap menerima laporan intensif mereka sering terlambat, ini mesti kita evaluasi juga tentunya,” sahutnya.

Alasan Herman Haluti meminta peran lebih keterlibatan RT-RW untuk peningkatan PAD sangat beralasan. Pasalnya dibeberapa kota maju di Indonesia, RT-RW menjadi salah satu kunci kemajuan kota (Tr-76)

Comment