Daftar Penjaringan Cagub, Nelson-Idah Bidik Tiket Banteng

Gorontalopost.id, GORONTALO – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Gorontalo, Nelson Pomalingo, terus memantapkan langkahnya untuk bisa maju Pilgub Gorontalo 2024.

Begitu pun dengan Idah Syahidah Rusli Habibie, anggota fraksi Golkar DPR RI itu belakangan disibukkan dengan mendaftar di sejumlah partai politik untuk bisa mendapat dukungan di Pilgub. Terbaru, baik Idah maupun Nelson, sama-sama berebut tiket Pilgub PDI Perjuangan.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Idah Syahidah Rusli menyerahkan dokumen pendaftaran calon gubernur pada di sekretariat DPI Perjuangan, kemarin.
Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Idah Syahidah Rusli menyerahkan dokumen pendaftaran calon gubernur pada di sekretariat DPI Perjuangan, kemarin.

Nelson yang telah mengantongi rekomendasi Cagub dari DPP PPP, Senin (13/5), telah mendaftar penjaringan Cagub di DPD PDIP Gorontalo. Nelson tercatat menjadi pendaftar pertama Cagub di partai berlogo banteng moncong putih itu.

Usai mendaftar, Nelson menjelaskan, alasannya ikut penjaringan Cagub PDIP karena PDIP dan PPP sama-sama memiliki sejarah panjang dalam perjalanan politik di Indonesia. Dua partai ini lahir sebelum zaman reformasi bersama Partai Golkar.

Selain itu,kolabarasi PDIP dan PPP sudah ada sejak lama. Nyaris selalu berkoalisi di Pilpres. “Semoga kolaborasi di tingkat pusat bisa terbawa sampai ke tingkat daerah,” harap Nelson.

Lebih jauh Nelson mengatakan, PDIP dan PPP punya tokoh potensial untuk diusung di Pilgub. Sehingga kalau PDIP dan PPP berkoalisi sudah memenuhi syarat untuk mengusung calon. “Bisa dilihat PDIP punya 7 kursi dan PPP ada 4 kursi di DPRD Provinsi. Sehingga sudah klop dalam mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur,” jelas Nelson.

Nelson menambahkan, dia masih akan berupaya untuk mendekati partai lain. Nelson mengaku, sebelumnya telah menghadiri rakornas PAN di Jakarta.

“Insya Allah kita akan sowan ke partai lain juga. Tetapi semua ini memang hanya sebatas seremonial administrasi dan semua tentunya yang tergantung di DPP. Kita tinggal menjalani saja dan berdoa yang terbaik untuk kedua partai ini,” tandasnya.

Sementara itu, Idah Syahidah Rusli Habibie yang mendaftar di PDI Perjuangan, diterima langsung Ketua DPD PDIP Provinsi Gorontalo, Mohamad Kris Wartabone, Senin (13/5).

Dalam kesempatan itu, Kris menyebutkan partainya siap pasang badan untuk Idah Syahidah jika PDIP resmi menyatakan dukungan untuk istri mantan Gubernur Gorontalo itu.

“Ada beberapa kader partai Golkar yang bakal maju pada Pilgub nanti. Dan jika nanti DPP Partai PDIP telah merekomendasikan ibu Idah Syahidah sebagai calon Gubernur, namun Partai Golkar seandainya memberikan rekomendasi kepada orang lain selain ibu Idah, maka kami PDIP siap pasang badan untuk ibu Idah,” tegas Kris.

Sementara itu, Idah Syahidah dalam konferensi pers menegaskan bahwa dirinya sangat optimis bisa mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar sebagai Calon Gubernur Gorontalo.

“Ada sebuah keraguan bahwa jangan-jangan Partai Golkar tidak merekomendasikan Idah Syahidah sebagai Bakal Calon Gubernur. Nah disini saya sampaikan Pak Kris tidak perlu khawatir, Partai Golkar tetap dengan hasil survey, dan saya yakin DPP Partai Golkar akan merekomendasikan Insya Allah saya sebagai bakal calon Gubernur dari Partai Golkar,” ungkap Idah.

Keyakinan Idah Syahidah ini bukan tanpa alasan. Sederet pengalaman yang dimilikinya, ia yakin bisa mendapatkan kepercayaan penuh dari DPP Partai Golkar.

“Kenapa saya yakin? Karena dilihat dari kerja-kerja saya sebagai anggota DPR RI, kemudian 10 tahun mendampingi pak Rusli Habibie sebagai Gubernur, tentunya langkah-langkah atau strategi untuk membangun Provinsi Gorontalo itu sudah ada di benak dan hati saya,”tandasnya. (wie/tro)

Comment