Gempa Tektonik M 4,8 Guncang Pohuwato

Gorontalopost.id – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Pohuwato, Gorontalo pada Ahad (2/6) pukul 21:58:03 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi tektonik itu memiliki parameter M=4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat -0.18 LU dan 122.46 BT, atau tepatnya berlokasi 79 km Tenggara Boalemo pada kedalaman 6 km.

Kepala Stasiun Geofisika Gorontalo, Andi Wijaya Bidang dalam laporanya yang diterima Gorontalo Post, menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Pahuwato dengan intensitas III MMI atau Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk melintas. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

Hingga pukul 22:30:00 WITA, tadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG Gorontalo meminta masyarakat di wilayah Pohuwato dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (username: pemda password: pemda-bmkg) atau infobmkg. (Tro/nat)

Comment