Ringgo : Yang Putus Bukan Jembatan Monano Hanya Jalan

Gorontalopost.id, GORONTALO – Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Ringgo Radetyo, ST., M.Eng. meluruskan pemberitaan soal jembatan putus di Desa Monano Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Menurutnnya, yang putus hanyalah jalan pendekat jembatan yang berbatasan dengan abutment dan wing wall.

“Jadi perlu saya luruskan bahwa yang putus bukan jembatannya yang sudah tua melainkan hanya jalan pendekat jembatan saja yang berbatasan dengan abutment dan wing wall,”jelas Ringgo saat menghubungi awak media ini.

Lebih lanjut Ringgo mengungkapkan, kondisi fisik jembatan saat ini masih utuh tidak ada kerusakan sedikitpun mulai dari abutment dan wing wall hingga struktur jembatan secara keseluruhan.

Wing wall jelas Ringgo merupakan suatu dinding samping pada dinding belakang abutment yang didesain untuk membantu atau menahan keutuhan atau stabilitas tanah dibelakang abutment.

Sedangkan Abutment adalah dinding yang berfungsi menopang gelagar utama pada jembatan, wing wall abutment berfungsi menahan longsor pada tebing sungai dan melindungi pangkal jembatan. Jalan yang putus itu

kata Ringgo terjadi karena abrasi sungai Monano saat banjir. “Jadi yang digerus itu tanah di daerah sekitar jembatan, dan jembatannya tidak ada masalah sedikitpun, buktinya, diding jembatan masih kuat dan kokoh. Justru begitu banyak warga yang berkumpul di atas jembatan itu melihat kejadian jalan putus tersebut,”ungkap Ringgo.

Ketika disinggung soal solusi jalan putus di sekitar jembatan, Ringgo mengungkapkan bahwa pihaknya sementara bakal membuat jembatan darurat yang akan menghubungkan Kembali jalan putus tersebut.

Dan untuk mencegah adannya gerusan air di jembatan darurat, pihaknya akan membuat bronjong sebagai penangkal abrasi.

“Ada juga warga yang mau pasang rangka-rangka tenda, namun saya larang dan saya sudah koordinasi Kapolsek, kami kwatir nanti itu akan berisiko terjadi apa-apa dengan warga yang bikin tenda tersebut,”tandas Ringgo. (roy)

Comment