Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Dulalowo Timur Optimis Raih Hasil Terbaik

Gorontalopost.id, GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo yang diwakili Kelurahan Dulalowo Timur optimis bisa meraih hasil terbaik pada lomba kelurahan tingkat provinsi.

Hal itu sebagaimana disampaikan penjabat (Pj) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid, ketika didaulat memberikan sambutan saat menerima kunjungan tim klarifikasi atau tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Gorontalo, Jum’at (21/6/2024).

“Saya harap, Kelurahan Dulalowo Timur bisa mendapatkan nilai terbaik dan menjadi juara di tingkat provinsi sekaligus mewakili Pemkot dan Pemprov Gorontalo untuk ikut lomba di tingkat regional nanti,” ucap Ismail.

Lomba kelurahan sendiri merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pemerintah. Agenda ini, merupakan wujud penghargaan oleh pemerintah pusat atas kompensasi kinerja pemerintah daerah yang berjenjang secara hirarki, mulai dari kelurahan hingga tingkat nasional.

“Esensi dari kegiatan ini adalah sebagai wujud penghargaan pemerintah pusat atas kompensasi kinerja yang berjenjang dari kelurahan hingga nasional,” ungkap Ismail

Wujud ini kata Ismail adalah upaya untuk memberdayakan potensi masyarakat melalui berbagai kegiatan dengan model partisipatif dalam membangun kelurahan. Selain itu , kata Ismail, juga untuk memperkuat kelembagaan organisasi kemasyarakatan sebagai mitra kelurahan.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini, saya harapkan bisa membangkitkan motivasi dan produktifitas kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sebab penilaian sebentar melibatkan unsur-unsur terkait sesuai kompetensi instansi,” tandasnya.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Gorontalo, Zukri Surstinoyo mengatakan, instrumen penilaian lomba yang digunakan meliputi bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.

“Dalam penilaian ada 3 aspek yang dinilai. Yaitu, bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Penilaian kami akan objektif, sehingga yang juara di tingkat provinsi dan mewakili di tingkat regional nanti adalah yang layak,” ucap Zukri saat dalam sambutannya

“Penilaiannya secara komprehensif, termasuk bagaimana kondisi kesehatan masyarakat, ekonomi, serta upaya kelurahan untuk menurunkan kemiskinan ekstrem. Apakah masih ada masyarakat yang termasuk kategori itu, kemudian bagaimana upaya kelurahan menata lingkungan,” tambah Zukri.(rwf)

Comment