Beras Ciheran Melimpah, Harga Malah Tembus Rp630 Ribu per Koli

Pedagang Klaim Kualitas Bagus

Gorontalopost.id, GORONTALO- Harga sejumlah bahan pokok masih cukup tinggi. Salah satunya beras. Pantauan Gorontalo Post, di pasar mingguan dan lapak pedagang bahu jalan, stok beras jenis ciheran di Gorontalo cukup banyak dibandingkan beberapa jenis beras lain.

Namun harga ciheran saat ini malah mengalami kenaikan. Saat ini beras ciheran dibanderol dikisaran Rp610-630 ribu per koli (50 kg). Sementara sebelumnya dikisaran Rp560-590 per koli.

“Yang sekarang masih mahal itu beras. Apalagi ciheran sudah naik. Sebelumnya pengambilan dari Rp550 ribu per koli sekarang sudah Rp590 ribu per koli. Jadi saya jual sampai Rp610 sampai Rp630 ribu untuk per kolinya,” kata Nanang Igirisa, pedagang di pasar Rabu.

Ia mengatakan penyebab beras naik karena pasokan dari daerah sangat minim. “Untuk wilayah Gorontalo panennya kan beda-beda. Misalnya yang di kabupaten ada yang baru panen, di tempat lain belum panen.

Jadi otomatis harga masih ada kenaikan. Apalagi yang masuk di sini dari daerah-daerah luar, Luwuk dan Makasar. Kalau ambil dari luar itu karena masih bisa dijual, karena masih ada untung sedikit. Kalau dari lokal mereka masih bertahan diangka yang jualan eceran saja,” katanya.(dan)

Comment