Tercepat, Tiga Hari Coklit pada 17 TPS di Gorontalo Tuntas

Gorontalopost.id- Kondisi cuaca yang tidak bersahabat di Gorontalo dalam sepekan terakhir, tidak menyurutkan para pertugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) di Gorontalo untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit).

Sejak dimulai pada 24 Juni 2024, sebagian Pantarlih ternyata telah menyelesaikan tugas mereka dengan menuntaskan Coklit di wilayah TPS masing-masing.

Setidaknya hingga hari ketiga, Kamis (27/6) sudah terdapat 17 TPS yang tersebar di Kabupaten Boalemo, Gorontalo Utara, Bone Bolango, dan Pohuwato yang menyelesaikan Coklit, mereka tercatat sebagai yang tercepat.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, kepada Gorontalo Post, Kamis (27/6) menyebutkan, dari 17 TPS itu, ada yang menyelesaikan Coklit dalam dua hari.

Padahal data pemilih yang harus di-coklit, mencapai sangat bannyak, lebih dari 500 pemilih. “Ada yang selesai hari kedua, ada yang selesai hari ketiga dari jadwal coklit yang dimulai tanggal 24 Juni,”ujar Sophian Rahmola.

Kata dia, ada TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 500 orang, namun Coklit yang dilakukan Pantarlih tuntas dalam waktu yang singkat. Misalnya, di TPS 2 Desa Kota Raja, Kecamatan Dulupi, Boalemo tercatat 545 pemilih, pada TPS 1 Desa Dungaleya, Kecamatan Botumoito, Boalemo terdapat 520 pemilih.

Di Gorontalo Utara, terdapat TPS 1 Bintana Kecamatan Atinggola, dengan 577 pemilih, dan di Kabupaten Bone Bolango pada TPS 1 Bonedaa, Kecamatan Suwawa terdapat 459 pemilih.

Sophian Rahmola secara khusus mengapresiasi peran Pantarlih yang gerak cepat menuntaskan Coklit di wilayah TPS masing-masing.

Menurut Sophian, pihaknya telah mengecek langsung via zoom kepada Pantarlih, Pantia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS) tetkait Coklit yang telah tuntas dilakukan itu.

Ternyata, lanjut Sophian, para Pantarlih memang menguasai kondisi penduduk, dan wilayah tugas mereka, belum lagi ada Pantarlih yang bertugas hingga pukul 22.00 wita.

“Saya sudah cek langsung via zoom, mereka bisa cepat seperti itu karena menguasai kondisi penduduk, juga coklitnya sampai pukul 22 malam,”terang Sophian Rahmola.

Ia memastikan Coklit dilakukan dengan akurat, ia juga berharap kepada seluruh Pantarlih yang sedang bertugas untuk tetap fokus bekerja dan menuntaskan Coklit.

Seperti diketahui, tugas Pantarlih yakni membantu KPU Kabupaten/Kota, PPK dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar Pemilih dan pemutakhiran data Pemilih, melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih, menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS, dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pantarlih juga wajib melakukan koordinasi dalam membantu PPS untuk menyusun daftar Pemilih hasil pemutakhiran, serta menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pencocokan dan penelitian kepada PPS. (tro)

Comment