Awasi Pilkada Serentrak, Bawaslu Harap Warga Turut Berpartisipasi

Gorontalopost.id, GORONTALO – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 yang akan diselenggarakan secara serentak tak lama lagi akan dihelat. Sehubungan dengan hal itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo terus meningkatkan pengawasannya.

Peningkatan pengawasan tersebut, dilakukan lewat beragam cara. Diantaranya menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu parsitipatif, Rabu (26/6/024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty. Dalam sambutannya Lolly Suhenty menjelaskan bahwa pengawasan parsitipatif dari masyarakat sangat penting untuk Bawaslu.

“Pengawas partisipatif dari masyarakat itu sangatlah penting, dalam rangka upaya pencegahan yang dilakukan, sehingga baik penyelenggara maupun peserta pemilu itu melaksanakan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty.

Sementara itu, anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Moh Fadjrin Arsyad menyampaikan bahwa hadirnya para organisasi masyakarakat, mahasiswa kepemudaan, dan forum kerukunan umat beragama (FKUB) dalam kegiatan ini membuktikan komitmen bersama menjadikan Pilkada berjalan sesuai dengan ketentuan.

“Apa yang dilakukan oleh penyelenggara dan peserta pemilu itu harus sesuai dengan ketentuan, dan tugas kita adalah memastikan semuanya berjalan dengan ketentuan yang berlaku,” kata Moh Fadjri Arsyad.

Di tempat yang sama, ketua panitia pelaksana Ferdy Rus Modanggu menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam mengawasi pelaksanaan semua tahapan pemilihan kepala daerah.(*)

Comment