Pastikan Pilkada Berjalan Aman

Bupati Hadiri Rakor Penyelenggara Pilkada Serentak

Gorontalopost.id, LIMBOTO — Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memastikan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, melalui rapat koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku, di Hotel Claro Makassar, kemarin.

Bupati Nelson mengatakan, rapat koordinasi ini dilaksanakan guna memastikan persiapan dan mengantisipasi potensi permasalahan yang mungkin timbul.

Lanjut Nelson, Pilkada akan dilaksanakan pada 27 November 2024 diikuti 27 Provinsi dan 308 Kabupaten/Kota, untuk itu Pemerintah sebagai elemen pemerintahan terdekat sehingag perlu mengoptimalkan langkah strategis, menghindari tumpang tindih antara pusat dan daerah, meningkatkan peran Forkopimda untuk menjaga stabilitas polhukam termasuk peran tokoh adat dan tokoh masyarakat.

“Karenanya terus berkoordinasi antara TNI, Polri dan pemerintah daerah yang terus ditingkatkan untuk menyukseskan pilkada damai 2024,” tutur Nelson

Acara akbar ini dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, sedangkan Kapolri diwakili oleh Kabaharkam Komjen Pol Moh.Fadill Imran dan Panglima TNI diwakili Pangkogabwilhan II Marsyada TNI M.Khairil Lubis.

Peserta rakor terdiri dari kementerian/lembaga pusat, Gubernur/Bupati/Walikota, TNI, POLRI, KPU, Bawaslu, Forkopimda, perwakilan partai politik, tokoh agama dan tokoh adat, se wilayah Sulawesi Kalimantan dan Maluku serta kegiatan diakhiri dengan Pembacaan deklarasi Pilkada Damai bersama seluruh peserta Rakor. (Wie)

Comment