Tangani Banjir, Pj Wali Kota Datangi BWS Sulawesi II

Gorontalopost.id, GORONTLAO – Bencana banjir yang sudah dua kali melanda sejumlah kelurahan di Kota Gorontalo hanya dalam waktu sepekan bagi penjabat (Pj) Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid merupakan persoalan yang urgent dan harus segera ditangani.

Untuk menanganinya, tentu butuh sinergitas antar lembaga. Hal inilah yang kemudian mendorong Ismail Madjid mendatangi Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo, Jumat (28/6/2024).

Di sana Ismail diterima Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo, Parlinggoman Simanungkalit. Keduanya pun langsung menggelar rapat bersama membahas penanganan banjir di Kota Gorontalo. “Bagi saya ini sangat urgent. Terima kasih atas penerimaannya, mudah-mudahan bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi ini,” ucap Ismail.

Pada pertemuan itu, Ismail dan Parlinggoman membahas terkait permasalahan pemukiman di Kota Gorontalo yang sudah ada sejak dulu dan sulit ditata melalui regulasi tata ruang. “Permasalahan pemukiman itu sudah ada sejak dulu, sejak sebelum adanya aturan ini. Oleh karena itu, aturan tata ruang ini cenderung sulit diterapkan,” ucap Ismail

Selain pemukiman, turut dibahas pula permasalahan terkait tanggul yang jebol. Ismail berharap tanggul itu bisa ditangani dan dibangun kembali.

“Permasalahan kemarin itu warga tidak mau memberikan tanahnya untuk pembangunan tanggul, karena memang di tahun 2020 kemarin sudah ada program dari balai, tetapi pak, saya sudah lihat lebih dekat, sebetulnya ada ruang untuk bangun tanggul tanpa mengganggu warga. Bangun tanggul lalu pindahkan kembali mereka,” ungkap Ismail sembari menambahkan, perlu pendekatan yang ekstra untuk bisa merubah sikap warga tersebut.

Selanjutnya yang dibahas dalam rapat itu, persoalan banjir di Tenilo. Ismail bilang, di wilayah Tenilo perlu dibuatkan saluran. Dirinya sangat yakin jika pembangunan saluran air terealisasi, permasalahan banjir di Kelurahan Tenilo bisa tertangani.(Rls)

Comment