Thariq Tinjau Pelaksanaan Perbaikan Pipa Air Bersih, Tegaskan Paling Lambat Hari Ini Selesai Diperbaiki

Gorontalopost.id – Wakil Bupati (Wabup) selaku Pelaksana Tugas Bupati (Plt) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu menegaskan bahwa sambungan pipa untuk air bersih yang putus akibat terjangan banjir, paling lambat besok (hari ini, red) akan selesai diperbaiki.

“Paling lambat besok pagi pipa yang rusak tersebut telah selesai diperbaiki. Namun untuk saat ini para pekerja tengah melakukan upaya perbaikan dan bila memungkinkan dapat diselesaikan hari ini, itu tengah diusahakan” kata Thariq disela-sela tinjauan lapangan di lokasi lokasi jaringan pipa Air bersih yang terputus akibat banjir di sekitar bantaran sungai Desa Titidu, Kecamatan Kwandang, Senin (20/6) kemarin.

Sebagai informasih, pipa air bersih tersebut terputus akibat banjir, dan masyarakat yang berada di beberapa desa seperti Desa Cisadane, Desa Moluo, Desa Katialada dan Desa Jembatan Merah, kesulitan memperoleh air bersih.

“Dari pantauan lapangan yang kami lihat langsung, para pekerja sedang menggali dan mempersiapkan untuk menyambung kembali pipa yang sempat terputus tersebut” terangnya.

Kepada para pekerja, Plt bupti tersebut memberikan semangat dan dukungan penuh dalam rangka upaya perbaikan da juga untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Disisi lain, dari hasil pengecekan lokasi secara langsung, secara umum kondisi sungai-sungai yang menghubungkan antara desa poso sampai dengan titidu itu sudah sangat memperhatikan sehingga perlu dilakukan normalisasi.

“Untuk itu saya sudah meminta juga kepada pihak dinas PU untuk menyiapkan data-data dan kajian untuk disampaikan kepada pihak Balai Sungai,”terangnya.

Untuk rencana normalisasi sungai, tentunya tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh Pemda Gorut, perlu untuk melibatkan pihak Balai Sungai untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

“Makanya kita usahakan untuk jangka panjang akan ada pencegahan lebih terencana lagi untuk mencegah agar pipa air yang ada tidak akan rusak lagi akibat banjir,” tandasnya. (abk)

Comment