Harga Jagung Mulai Rp4 Ribuan per Kg

Petani Mengeluh Harga Turun dari Sebelumnya Rp5.500 per Kg

Gorontalopost.id, GORONTALO –┬áHarga jagung di Gorontalo terus menurun seiring makin banyaknya stok di kalangan petani. Berbeda dengan harga beberapa waktu lalu, kini jagung di tingkat petani dijual mulai Rp4.200-4.750 per kg dari harga sebelumnya Rp5.500.

Edo salah seorang petani mengatakan, saat ini harga jagung di Gorontalo dibanderol dibawah Rp5 ribu per kg tergantung tingkat kadar air. “Di kota Rp4.250, ada juga yang Rp4.750 per kg 3 hari lalu,” katanya.

Ia mengaku memiliki stok jagung cukup banyak untuk dipasok ke penampung. “Stok kami banyak, ada yang sampai 200 karung, info gudang akan tutup 9 April,” ujarnya.

Darsi, petani lainnya mengatakan harga jagung saat ini mulai turun, berbeda dengan kondisi beberapa waktu lalu yang dijual hingga Rp5 ribuan per kg. “Bahkan lalu harga sampai Rp7 ribuan per kg, sekarang turun,” katanya.

Menurutnya, harga mulai turun disebabkan banyak petani yang mulai panen. Sehingga stok ataupun pasokan ke penampung meningkat. “Kita berharap harga masih akan tetap tinggi, karena sekarang ini tanam jagung agak susah, banyak yang bisa gagal panen,” tuturnya.(dan)

Comment