Atasi Banjir Longsor, 12.500 Bibit Pohon Ditanam Wakapolda dan Warga

Gorontalopost.id, POHUWATO – Untuk menjaga kelestarian alam dan mencegah terjadinya bencana, Waka Polda Gorontalo, Brigjen Pol. Simson Zet Ringu, S.I.K, M.Si mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat bersama-sama mengkampanyekan pelestarian alam dan lingkungan hidup, demi menjaga kualitas hidup anak cucu di masa yang akan datang.

Di sampaikan oleh jendral bintang satu dipundaknya ini, hampir setiap tahun di daerah Gorontalo, sering mengalami berbagai kejadian bencana alam.

Baik yang merupakan dampak dari adanya pergeseran bumi dan perubahan iklim, maupun akibat dari kurangnya perhatian dalam menjaga kelestarian alam.

“Kelestarian alam ini sejatinya dapat kita perhatikan mulai dari adanya ketersediaan ruang terbuka hijau di wilayah. Oleh karena itu, melalui moment peringatan HUT Bhayangkara ke 78 ini, Polri melakukan upaya nyata dengan melakukan kegiatan penanaman pohon, guna mendukung pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di seluruh wilayah nusantara,” ungkapnya usai melaksanakan kegiatan penanaman pohon di Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato, Kamis (27/6).

Ditambahkan pula, penanaman pohon ini dilaksanakan di Pohuwato dengan menyiapkan kurang lebih 12.500 bibit pohon, yang terdiri dari bibit pohon keras seperti gamelina, nyato dan cempaka, maupun jenis pohon buah–buahan seperti alpukat, mangga, durian, jambu kristal, sirsak dan lain sebagainya.

Bibit pohon ini berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Bone Bolango. Bibit ini pula akan di tanam di dua lokasi, antara lain lima ribu bibit pohon di tanam di lokasi rawan bencana yang ada di Pohuwato dan di Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

“Penanaman bibit ini merupakan salah satu upaya reboisasi. Oleh karena itu saya berharap, selain dilakukannya reboisasi ini, masyarakat pula tidak melakukan pengrusakan lingkungan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Saiful Mbuinga atas nama pemerintah dan juga masyarakat mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan oleh Polri, khususnya Polda Gorontalo dan Polres Pohuwato, dalam membantu pelestarian lingkungan serta mencegah terjadinya bencana alam.

“Untuk menjaga lingkungan, dibutuhkan peran dari seluruh komponen masyarakat dan bukan hanya dibebankan kepada satu pihak saja. Kami pun dari pemerintah menyambut baik pelaksanaan reboisasi ini. Kedepannya, kami beserta masyarakat, akan menjaga apa yang sudah di tanam ini, agar dapat dimanfaatkan oleh anak cucu kita di masa yang akan datang. Sekali lagi, kami ucapkann terima kasih kepada pihak Polri yang telah mengambil langkah awal. Selanjutnya tugas kami di daerah yang akan melestarikan lingkungan ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu pula, dilaksanakan pemberian beasiswa kepada siswa masyarakat Pohuwato, oleh ketua dan wakil ketua Bhayangkari Polda Gorontalo, serta pemberian bantuan Sembako kepada masyarakat Pohuwato.

Kegiatan itu pula turut dihadiri oleh PJU Polda Gorontalo. Diantaranya, Karo Rena, Kombes Pol. Suratno, S.I.K, M.Si, Karo SDM, Kombes Pol. Agus Nugroho, S.I.K. M.H, Dir Narkoba, Kombes Pol. Witarsa Aji, S.I.K, S.H, M.H, Dir Lantas, Kombes Pol. Mariochristy Panca Sakti Siregar, S.I.K, M.H, Kabid Propam, Kombes Pol. Jury Leonard Siahaan, S.I.K, dan Wadir Intelkam AKBP Fikri Sjafri, S.I.K. (kif)

Comment