Media Diharap Terus Edukasi Warga

Gorontalopost.id – Besar harapan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Gorontalo, Daud Rafertian Panigoro, agar media terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat tentang program pemerintah yang sementara dan akan dilaksanakan.

Harapan itu disampaikan Daud, ketika melakukan pertemuan dengan para insan pers yang bertugas melakukan peliputan kegiatan di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, Jumat (25/3) disalah satu gerai kopi yang terletak di Kelurahan Limba U1, Kecamatan Kota Selatan.

“Bagi saya media adalah salah satu alat komunikasi atau sarana untuk penyebaran informasi kepada khalayak publik. Dengan perannya ini, saya harap media, khususnya teman-teman wartawan dapat terus menyajikan berita-berita tentang edukasi dan sosialisasi program pemerintah kepada masyarakat,” harap Daud.

Tidak hanya untuk kepentingan penyebar luasan informasi, lanjut Daud, media juga punya peran fungsi kontrol terhadap penyelenggaraan pemerintahan, termasuk Pemerintah Kota Gorontalo. Fungsi kontrol ini, diharapkannya dapat terus dilaksanakan dengan memperhatikan kaidah-kaidah pers.

“Kami tidak pernah anti dengan kritikan. Apalagi, kritikan yang disampaikan melalui media dan bermuatan tentang sebuah kritikan dibarengi dengan solusi untuk keberlangsungan pembangunan daerah.

Pasti akan kami pertimbangkan. Akan tetapi, saya berharap dalam menulis sebuah artikel, wartawan juga harus tunduk dengan aturan pers,” tutur Daud.

Ia menambahkan, kolaborasi yang telah terbangun sejauh ini antara pihaknya dengan sejumlah media tidak akan dijadikan sebuah tameng untuk melindungi keberlangsungan pemerintahan di Kota Gorontalo.

“Kami sangat butuh kontrol dari teman-teman semua. Dan Alhamdulillah, fungsi itu telah dijalankan oleh media-media di Gorontalo.

Kami sangat mensyukuri itu, karena pemerintahan yang tidak terkontrol, maka berdampak pada kegagalan yang berujung pada kesengsaraan warga,” tukas alumnus Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) itu.

Pertemuan antara Pemerintah Kota Gorontalo dengan media ini sendiri merupakan kali kedua di tahun 2022 ini. Sebelumnya, pertemuan juga dilakukan di rumah jabatan wali kota dan dihadiri langsung oleh Marten Taha selaku Wali Kota Gorontalo.

“Insya Allah, pertemuan-pertemuan seperti ini akan terus kita laksanakan. Karena selain untuk sharing, kegiatan seperti ini juga dapat merawat tali silaturahmi kita bersama,” pungkas kepala dinas termuda sepanjang sejarah Pemerintah Kota Gorontalo itu.(rwf)

Comment